Aplikasi Pengganti Google dan Microsoft untuk Menunjang Produktivitas

Aplikasi Produktivitas Mantul

Google dan Microsoft sudah dikenal memiliki banyak aplikasi produktivitas yang tak hanya lengkap tetapi juga populer. Contohnya saja di aplikasi email, pasti sudah banyak dari kita yang menggunakan Gmail atau aplikasi pengelola dokumen yang sudah dikuasai oleh MS Office. Sebenernya ada banyak sekali opsi aplikasi produktivitas alternatif yg bisa dipilih selain Google dan Microsoft.

Meskipun berada di ekosistem yang sama memiliki keuntungan tersendiri. Bukan berarti kita sulit untuk menggunakan aplikasi lain. Biasanya sudah ada dukungan antar aplikasi yg saling terintegrasi guna mempermudah pekerjaan kita.

Mencari aplikasi produktivitas yang beragam jenis untuk saat ini memang agak sulit. terutama jika ada berbagai opsi yang bisa dipilih di macam-macam platform, ditambah juga harus mencari fitur yang lengkap

Tapi mari coba bersama-sama apa saja aplikasi pengganti Google dan Microsoft yang cocok untuk produktivitas kita sehari hari:

Aplikasi Cloud : Dropbox

Dropbox merupakan alternatif pertama untuk layanan Microsoft OneDrive dan Google Drive yang dapat kita pilih. Menariknya, Dropbox sudah lahir terlebih dulu sebelum Google Drive.

Tampilan Aplikasi Dropbox
Tampilan Aplikasi Dropbox

Sebagai penyimpanan awan / cloud, Dropbox juga memiliki fitur untuk menyinkronkan foto dan video dari ponsel kamu (seperti Google Foto). Terus Dropbox juga mempunyia Paper, aplikasi pencatat online yang turut hadir di berbagai platform. Sayangnya, penggunaan versi Free lebih terbatas, dan versi Premium lebih mahal jika dibandingkan Google Drive dan Microsoft OneDrive

Aplikasi Chatting: Slack

Slack adalah alternatif pengganti untuk aplikasi Hangout / Google Chat dan Microsoft Teams. Slack adalah salah satu aplikasi obrolan paling populer untuk team. Bahkan bisa dibilang app ini adalah pionir di bidang ini.

Tampilan Aplikasi Slack
Tampilan Aplikasi Slack

Slack memberikan penawaran bentuk obrolan di kanal berbeda-beda untuk setiap tim yang kamu miliki. Aplikasi ini juga mempunyai integrasi dengan beragam aplikasi produktivitas lainnya seperti contohnya Discord dan juga support perintah bot. Slack tersedia dalam di berbagai platform, baik di PC atau smartphone.

Aplikasi Browser: Firefox

Firefox adalah pilihan tepat untuk alternatif pengganti Microsoft Edge atau Google Chrome. Browser ini bahkan lebih dulu populer sebelum lahirnya Google Chrome.

Tampilan Aplikasi Firefox
Tampilan Aplikasi Firefox

Firefox dikenal sebagai browser yang menghormati privasi (salah satu browser pertama yang bisa mengubah DNS), hadir pada platform yang berbeda-beda (dapat menyinkronkan web antar perangkat) dan memiliki tangkapan layar bawaan terbaik.

Aplikasi Dokumen: LibreOffice

LibreOffice adalah alternatif penggani untuk aplikasi manajemen dokumen (office suite) seperti Microsoft Office dan Google Docs. Seperti halnya 2 aplikasi tersebut , LibreOffice juga menyertakan aplikasi seperti Writer (menulis), Impress (presentasi) Calc (spreadsheet), dll.

LibreOffice
LibreOffice

LibreOffice dikembangkan berdasarkan aplikasi OpenOffice lama (pembaruan terakhir pada tahun 2011). Aplikasi LibreOffice di sini bisa digunakan untuk Windows, Linux dan MacOS. Aplikasi ini tidak memiliki versi resmi untuk Android dan iOS, tetapi hadir melalui Collabora Office. Maka dari itu aplikasi ini tidak memiliki versi online.

Aplikasi Penjadwalan Tugas : TickTick

TickTick adalah aplikasi Penjadwalan Tugas alternatif selain Microsoft Todo dan Google Task. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kamu dapat mengatur tugas-tugas yang harus kamu lakukan, baik dengan jadwal tertentu atau rutin (tugas berulang), di lokasi tertentu (contoh ketika pergi melewati supermarket A untuk membeli telur), dan juga bisa berbagi daftar tugas atau kolaborasi.

Aplikasi TickTick
Aplikasi TickTick

Aplikasi TickTick dapat digunakan di berbagai platform dan mendukung sinkronisasi antar perangkat ke perangkat. Fungsi-fungsi yang tersedia lengkap. Tampilannya juga enak dilihat.

Aplikasi Conference / Video Call : Zoom

Sudah Jelas, Zoom adalah alternatif terbaik pengganti Google Meet dan Microsoft Teams. Bahkan saat ini Zoom menjadi aplikasi video call / conference terpopuler sejak pandemi Covid19 melanda.

Tampilan utama Aplikasi Zoom
Tampilan utama Aplikasi Zoom

Zoom memiliki berbagai penawaran dan fitur hebat. Misalnya, bisa diakses sampai 100 peserta untuk versi gratis, termasuk fitur berbagi layar, ruang kerja kelompok, latar belakang virtual, papan tulis, dll. Aplikasi zoom juga bisa dipergunakan di berbagai platform. baik PC atau smartphone

Itulah beberapa aplikasi Pengganti Google dan Microsoft yang bisa dimanfaatkan untuk produktivitas kamu. Tentu saja, jika kamu sudah terlanjur nyaman dengan aplikasi Google atau Microsoft, kamu tidak perlu mempertimbangkan opsi ini.

Kamu mungkin juga tidak perlu menggunakannya jika memang tidak membutuhkannya. Misalnya tim hanya beberapa orang, jadi mengobrol di WhatsApp atau Telegram saja sudah cukup.

Opsi Aplikasi di atas hanyalah rekomendasi alternatif. Yang penting adalah bagaimana mendorong produktivitas semudah mungkin, apa pun platform yang kamu gunakan. 🙂