28 Maret 2024
Computer Vision Syndrome 1

Computer Vision Syndrome 1

Computer Vision Syndrome  – Saya baru tahu jika ada gejala yang disebut Computer Vision Syndrome atau CVS. Apa yang dimaksud dengan computer vision syndrome (CVS)?

CVS adalah kondisi ketika penglihatan kita tidak jelas, kabur atau nanar. Dapat dikatakan bahwa CVS adalah gangguan yang terjadi ketika melakukan kontak mata terlalu lama dengan monitor.

Computer Vision Syndrome
Computer Vision Syndrome

Mengerikan.

Yah memang mengerikan karena setiap hari saya selalu depan komputer.

Dikutip dari halaman Partai Republik (2015/12/02), seorang dokter dari Jakarta Eye Center bernama Ferdiriva mengatakan bahwa CVS tidak hanya membuat pandangan jadi buram, tetapi juga bisa membuat mata sakit. Seolah-olah mata dibakar.

Masih menurut dia, hal itu terjadi karena kurangnya mata berkedip. kurangnya berkedip dikarenakan orang selalu fokus pada layar, lupa untuk mengedipkan mata. Sesuatu yang terjadi kepada saya bahwa pada kenyataannya, saat di depan layar komputer, saya memang jarang berkedip.
Idealnya ketika di depan komputer harus berkedip setidaknya 17 kali per menit. Hal ini dilakukan untuk menjaga mata lembab. Saya sendiri tidak tahu berapa kedipan yang saya lakukan dalam semenit. Tapi pastinya juga kurang. Menurut Ferdiriva, kurangnya mata berkedip akan menjadikan mata perih karena kurangnya kelembaban.

Karena itu, muncul lah CVS yang disebutkan tadi.

Saya berpikir bahwa jika hal ini benar, mungkin saya juga akan menderita CVS. Buat teman-teman pembaca yang juga sering bermain komputer, sebaiknya bisa lebih berhati-hati, karena pasti CVS ini tentunya juga perlu untuk diwasapadai.

Untungnya, CVS bukanlah penyakit permanen. CVS dapat disembuhkan dengan mudah. Kita hanya cukup melakukan istirahat atau jalan-jalan keluar.

Nah, jika teman-teman seperti saya, maka perbanyaklah waktu istirahat dan banyak-banyak melakukan kedipan mata selama satu menit untuk menghindari mata dari CVS atau Computer Vision Syndrome .

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x