19 April 2024
kartu memori

kartu memori

Kartu SD atau yang dikenal memory card hingga saat ini masih menjadi perangkat paling dibutuhkan bagi pengguna smartphone maupun kamera digital.

Namun, beberapa dari kita pasti pernah mengalami masalah memori yang tak terbaca (harm). memory yang tak terbaca pasti akan menyulitkan kita untuk memindahkan data ke tempat lain bukan?

kartu sd tidak terbaca
kartu sd tidak terbaca

Berikut adalah 4 tips untuk memperbaiki kartu SD yang rusak atau tidak bisa terbaca.

1. membersihkan kartu memori

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah dengan kartu memori yang tidak terdaftar adalah mengeluarkan kartu memori dari gadget.

Kemudian kamu bisa membersihkan pelat tembaga kuning keemasan dengan penghapus pensil putih dan menggosoknya dengan lembut sampai bersih.

Bila sudah bersih, masukkan kembali kartu memori ke dalam slot memori dan pastikan kartu memori sudah dibaca.

2. Format dari Android

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat kartu memori terbaca kembali adalah dengan memformatnya dari perangkat Android.

Caranya masuk ke menu Settings, lalu pilih Storage. Di dalam menu ada pilihan Format / Delete SD card.

Dengan memformat kartu SD, kamu bisa membuat memori bersih seperti baru dan memori bisa dibaca lagi.

3. Periksa kesalahan PC

kamu juga bisa memeriksa kesalahan yang terjadi pada kartu memori melalui komputer pribadi (PC).

Cara menghubungkan Android ke PC atau Laptop menggunakan kabel data. Kemudian pastikan Android kamu terhubung ke Mass Storage Mode (MSC) dan patikan bukan Media Transfer Mode (MTP).

Kemudian buka Windows Explorer, klik kanan Memory Card Drive, pilih Properties and Tools, dan kemudian Troubleshoot. Lalu tunggu sampai seluruh proses selesai

Kemudian, cek kartu memori kembali dan periksa apakah sudah bisa dibaca atau tidak.

4. Format dari PC

Jika kartu memori (micro SD) terbaca dan terlihat bagus di komputer namun tidak bisa dibaca di Android, buka folder baru di hard drive untuk mencadangkan isi kartu memori yang rusak.

Kemudian salin seluruh isi kartu memori, lalu klik Insert In Folder Previous. Jika semuanya telah disalin, format kartu memori. Setelah itu, semua data di folder akan kembali ke memori yang telah diformat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Kostenlos anmelden

Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me? https://accounts.binance.com/de-CH/register?ref=UM6SMJM3

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x