Awas!! Media Sosial Dapat Memicu Depresi


Media Sosial Memicu Depresi – Dewasa ini, Interaksi menggunakan media sosial sudah menjadi gaya hidup bagi manusia modern. Tampaknya ada banyak istilah mengejek kita ketika tidak memiliki akun media sosial untuk berinteraksi di dunia maya. Sifat media sosial yang Lintas ruang menjadikan kepraktisan dalam hal berinteraksi dengan orang lain menjadi keuntungan tersendiri dari media sosial.

Tetapi penggunaan media sosial sebenarnya bukan tanpa risiko. Saya tidak tahu berapa banyak kasus pengguna media sosial yang mengalami depresi karena perilaku pengguna media sosial lainnya. Kebebasan berekspresi tanpa kontrol adalah salah satu hal yang memicu depresi bagi penggunanya.

Media Sosial Memicu Depresi 2
Media Sosial

Pertama mungkin hanya sebuah postingan, baik dalam bentuk kata-kata atau gambar yang ditulis, tapi akhirnya dapat menyebabkan sebuah kesalahpahaman. Kebijakan dan filter dalam apa pun yang kita posting di media sosial adalah sangat penting bagi kita untuk dilakukan. Salah satu yang kurang baik dari para pengguna adalah persepsi bahwa postingan tidak ada batasannya, pengguna dapat mengekspresikan perasaan apa pun di dunia maya. Ini adalah kekeliruan, posisi di ranah dunia digital masih harus diperlakukan sebagai di dunia maya.

Menurut penelitian yang dilakukan di Brown University School of Public Health, Rhode Island, “Samantha Rosenthal” seorang asisten peneliti mengungkapkan “berinteraksi melalui media sosial adalah penting, tetapi jangan berpikir kalau tida ada pengaruhnya pada pengalaman interaksi virtual bagi seseorang.”

Media Sosial Memicu Depresi 3
Media Sosial Memicu Depresi

Dari 264 peserta yang diteliti pada 2013 dan 2014, sebanyak 63 persen mengatakan mereka telah mengalami pengalaman negatif saat menggunakan Facebook. Selain itu risiko terhadap depresi, 3,2 kali lebih tinggi ketika berinteraksi melalui Facebook. Bagi mereka yang di bully, bahkan 3,5 kali lebih berisiko mengalami depresi. Undangan teman yang tidak diinginkan juga berkontribusi risiko 2,5 kali bagi peserta.

Baca Juga : Fakta Tentang Facebook Ads

Bagi kebanyakan dari kita berinteraksi menggunakan media sosial, telah menjadi sesuatu yang penting, bahkan telah menjadi sebuah kebutuhan. karena mudahnya akses komunikasi dan interaksi dengan teman dan keluarga dalam keunggulan medsos ini, tapi satu hal yang perlu diingat adalah bahwa apapun yang kita posting di medsos atau dunia maya ini tetap harus kita pertanggung jawabkan seperti layaknya kita berada di dunia nyata.  – Media Sosial Memicu Depresi

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Awas!! Media Sosial Dapat Memicu Depresi

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format