24 Februari 2024
Review Buruk Toko Online

Review Buruk Toko Online

Bisnis online dengan mengembangkan Toko Online merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh masyarakat modern saat ini. Disini kita diberikan Fasilitas tentang apa yang akan kita jual dan juga fleksibilitas dalam waktu.

Online Shop
Online Shop

Rifky.net – Selain bosnya adalah kita sendiri, bisnis online juga bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa kuliah, seorang ibu rumah tangga dan pekerjaan lainnya.

Salah satu tantangan terbesar bisnis online adalah ketika customer memberikan ulasan negatif tentang barang dagangan kita , yang tentunya akan merusak reputasi penjual.

Sekalipun kita sudah bekerja keras, karena satu atau hal lain yang menyebabkan pelayanan kurang optimal hingga terjadi komunikasi yang salah bisa berakibat customer memberikan review negatif.

Kita ingin marah pun juga bukanlah solusi dari penyelesaian ketika bisnis online mendapatkan nilai buruk. Yang dibutuhkan dalam situasi ini adalah kerendahan hati dan kesabaran.

Berikut 3 langkah untuk menghadapi customer saat bisnis online terkena review buruk :
dikutip dari Liputan6.com (laporan dari Forbes)

  1. Meminta Maaf
    Ini adalah saat dimana kerendahan hati dibutuhkan sebagai penangkal amarah. Penjual online juga manusia, dan customer juga manusia. Jika ada kesalahan yang mendapat kan review negatif, lebih baik minta maaf.

Sebelum marah, ingatlah bahwa sekarang ini ada yang namanya screenshot yang bisa menyebarkan drama konflik untuk konsumsi publik.

Daripada sibuk mencari alasan atau menghabiskan waktu bertengkar dengan customer, lebih baik meminta maaf dan memperbaiki masalah.

Apa pun yang kamu lakukan, jangan balas marah dengan marah. Membenci customer adalah cara paling jelas untuk kehilangan bisnis dan malah bisa merusak reputasi kita

Tunjukkan bahwa kamu adalah pebisnis online dengan sikap dewasa dan siap meningkatkan kualitas layanan secepat mungkin.

  1. Memperbaiki Kesalahan
    Setelah meminta maaf, segera perbaiki kesalahan kamu sehingga jelas terlihat bahwa kamu telah berjuang menjadi pengusaha yang lebih baik.

Melakukan Action / tindakan di samping apa yang kamu katakan akan membantu customer lebih mempercayai usaha kamu. Mereka akan merasa bahwa kamu transparan tentang solusi bisnis dan akuntabilitas. Tindakan itu akan membangun hal-hal positif untuk reputasi kamu kedepannya

Setelah kamu meminta maaf dan menyelesaikan masalah dengan sukses, kamu dapat melakukan hal berikutnya.

  1. Meminta Customer untuk Menghapus Ulasan Negatif
    Saat masalah teratasi, cobalah meminta tanggapan kembali dari customer . Kemudian, coba yakinkan customer untuk mengganti ulasan negatif yang telah diberikan .

Seperti yang dijelaskan Forbes, Meminta customer untuk menghapus ulasan negatif bisa menjadi momen yang tepat untuk diikuti. Dengan menyarankan kepada customer, kamu dapat memberi mereka sedikit dorongan agar mereka mau menghapus ulasan negatif dari web kamu dan mereka akan merasa diperhatikan. Mereka mungkin bisa saja diberi dorongan untuk menambahkan kritik / masukan atau bahkan ubah ulasan menjadi positif.

Online Review
Online Review

Sekali lagi, Intinya yang terpenting adalah kamu bisa menunjukkan kepada customer lain yang membaca ulasan negatif, bahwa kamu bersedia untuk meminta maaf dan memiliki tekad untuk memperbaiki masalah secepat mungkin.

Ketika kamu membuat satu customer merasa didengar dan dihargai di kolom ulasan, itu membuat customer lain percaya bahwa kamu akan melakukan hal yang sama untuk mereka

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa yang sebenarnya kita butuhkan adalah sebuah jawaban, baik positif maupun negatif. Itu semua tergantung pada kemampuan kita untuk menangani tanggapan tersebut.