Tips Memilih Smartphone Dengan Performa Tangguh


Tips Memilih Smartphone Dengan Performa Tangguh – Sekarang ini produsen vendor smartphone terus berlomba-lomba mengeluarkan terbaru didukung dengan RAM besar. Tak mau kalah dengan smartphone yang memiliki RAM sampai 6gb, sekarang ini sudah ada beberapa smartphone yang menggunakan RAM 8 Gb. wow…

Baca Juga – Tips Membersihkan Layar Komputer
Apakah sebegitu pentingnya Ram smartphone?  Padahal jika diperhatikan lebih seksama, masih ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi performa dari smartphone itu sendiri diantaranya yaitu :

1.CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah salah satu faktor utama yg turut mempengaruhi kinerja Smartphone karena berfungsi sebagai dapur pacu untuk menjalankan berbagai aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan oleh CPU. Maka akan semakin lambat pula prosesnya. Jadi jangan heran jika kamu membuka banyak aplikasi. Smartphone km  jadi cepat panas dan terasa lambat. Hal ini di karena dapur pacu smartphone kamu bekerja sangat keras.

Tips Memilih Smartphone - CPU Speed
CPU Speed

MediaTek, Snapdragon, Exynos, Intel dan Kirin adalah beberapa contoh Cpu smartphone yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Dari semua yang sudah saya sebutkan tadi, yang bisa dikatakan memiliki performa paling cepat adalah Snapdragondan dan Exynos.

2. Clock Speed
Clock Speed biasanya suka lepas dari perhatihan kita ketika membeli smartphone. Kebanyakan user pasti hanya melihat pada sektor Ram dan jenis prosesor yg digunakan tanpa melihat kecepatan dari clock Speed nya. Padahal Clock Speed  ini sangat berpengaruh sekali terhadap kecepatan smartphone.

Tips Memilih Smartphone- Clock Speed
Clock Speed

Contohnya, manakah yang lebih cepat antara prosesor Octa-core 1.0 GHz dengan Quad-core 2,5 GHz?
Tentu saja Jawabannya adalah yang Quad-core 2,5 GHz. Kenapa bisa demikian?
Hal ini dikarenakan dengan adanya 4 inti prosesor yang bekerja di kecepatan 2,5 GHz, jika  bekerja secara bersamaan, maka akan menghasilkan clock speed 10 GHz.

3. RAM (Random Access Memory)
Semakin besar RAM yang ada pada smartphone tentu akan semakin baik. Bukan sekedar untuk menjalankan aplikasi tapi juga bisa untuk menampung aplikasi dari sistem itu sendiri. Ketika kamu membeli smartphone dengan RAM 4 giga. Jangan heran jika RAM yang tersedia hanya tersisa 2 Giga saja. Hal ini dikarenakan sebagian dari RAM tersebut digunakan untuk menjalankan aplikasi system.

Tips Memilih Smartphone- RAM Smartphone
RAM Smartphone

Jadi jika kamu menginginkan smartphone yang bisa menjalankan banyak aplikasi, sebaiknya pilihlah Smartphone dengan kapasitas RAM yang besar karena dengan semakin besarnya kapasitas RAM, tentu semakin besar pula Ram kosong yang bisa digunakan.

4. GPU (Graphics Processing Unit)

Tips Memilih Smartphone-GPU Smartphone
GPU Smartphone

Berbeda dengan CPU yang berfungsi sebagai dapur pacu. GBU hanya berfokus pada proses yang berkaitan dengan grafis. Jenis GPU yang digunakan di smartphone akan mempengaruhi kecepatan smartphone itu sendiri dalam mengelola gambar ataupun video. Baik itu saat memainkan game maupun mengolah foto. Smartphone dengan GPU Andreno saat ini dikenal lebih baik bila dibandingkan yang menggunakan GPU Mali ataupun PowerVR

5. UI (User Interface)
UI ini bisa disebut juga sebagai Launcher atau tampilan yang dijalankan oleh smartphone. Semakin kompleks tampilan smartphone kamu, jelas dapat mempengaruhi performanya ketika digunakan. Misalnya saja dengan MIUI milik Xiaomi bila dibandingkan dengan ZenUI milik Asus. Bisa dikatakan MIUI lebih ringan karena memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dibandingkan ZenUI asus yang sangat kompleks.

Tips Memilih Smartphone - UI Smartphone
UI Smartphone

Jika kamu bosan dengan UI bawaan yang sudah tersedia, kamu juga bisa mengubahnya dengan berbagai Aplikasi Launcher yang dapat kamu Unduh di Google Play. Tapi yang perlu diperhatikan. Penggunaan aplikasi launcer juga bisa mempengaruhi baterai Smartphone maupun RAM kamu. Jadi Pergunakanlah dengan Sebaik-baiknya.

Nah, itulah 5 faktor penentu jika ingin memilih Smartphone dengan Performa Tangguh. Jadi jika kamu menginginkan smartphone yang cepat.  Jangan cuma memperhatikan RAM saja, tapi perhatikan juga faktor lain agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.. 😀

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Memilih Smartphone Dengan Performa Tangguh

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format