19 April 2024
5 Kemampuan Google Assistant yang Tak Kamu Ketahui 1

5 Kemampuan Google Assistant yang Tak Kamu Ketahui 1

Seiring dengan hadirnya Pixel, Google memperkenalkan merek asisten virtual terbaru yang disebut Google Assistant. Cuma saat itu fitur tersebut hanya tersedia secara eksklusif pada Pixel, kehadiran Google Asistant cukup mencuri perhatian karena memiliki kinerja yang lebih baik dari pendahulunya, Google Now.

Tapi Google telah menjawab rasa penasaran sebagian besar pengguna smartphone Android. Akhir Februari 2017 lalu Raksasa internet Google juga memastikan kehadiran Asisten pengguna Android selain Pixel.

Cuma pada tahap awal, tidak semua pengguna bisa merasakannya karena dibatasi untuk penggunaan dalam bahasa Inggris dan Jerman, ini tidak berarti bahwa asisten virtual tidak akan mengunjungi negara lain. Google menyebut bahasa lainnya akan ditambahkan di tahun-tahun mendatang.

5 Kemampuan Google Assistant yang Tak Kamu Ketahui 2
Tampilan Google Assistant

Jadi apa kemampuan yang sebenarnya di Google Assistant? sebelum fitur ini hadir di lebih banyak pengguna Android, tak ada salahnya untuk mengetahui lima kemampuan Google Asistant, seperti dikutip dari Liputan 6, Selasa (2017/04/25).

1. Menerjemahkan Kalimat

Tidak hanya pencarian Google, asisten virtual juga dilengkapi dengan kemampuan Google Translate. Oleh karena itu, pengguna dapat meminta Google Asistant menerjemahkan kata atau frase itu sendiri.

Sebagai contoh, Kamu mungkin bertanya: ‘Apa bahasa Spanyol untuk Hello?’. Nantinya, hasil terjemahan akan ditampilkan bersama dengan pengucapan yang sebenarnya.

2. Bisa membaca berita
Fitur yang tidak diketahui, adalah bahwa Google Assistant mampu membaca berita tentang topik yang dan preferensi yang pengguna inginkan. Menariknya, topik yang dibaca benar-benar terlihat seperti saat membaca berita, dan bukan hanya speech-to-text.

Untuk mengaktifkannya, cukup membuka aplikasi Google, lalu pilih Settings. selanjutnya, pergi ke Google Assistant, pilih Settings dan berita. Dalam kolom ini, kita dapat memilih berbagai sumber yang dapat dibaca isi beritanya.

3. Cari Aplikasi Berkas

Google Asistant ter-Integrasi di sejumlah aplikasi Google, membuat Google Assistant ini dapat mencari file dalam aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat mengambil keuntungan dari Google Asistant adalah fitur dalam Google Images.

Misalnya, Kamu dapat meminta membuka foto tertentu yang disimpan dalam Foto Google. Dengan menyertakan keterangan nama foto, atau waktu yang dibutuhkan.

Sebuah asisten virtual juga dapat membaca SMS dari Google Messenger, tapi sayangnya fitur ini tidak mendukung aplikasi pihak ketiga.

4. Bisa Lakukan konversi Beragam

Sama seperti pencarian Google, kita juga bisa bertanya tentang apa saja, termasuk konversi ke Google Assistant. Cukup untuk mengatakan hal-hal yang ingin kamu ketahui, sehingga Google Asistant akan memberikan jawaban.

Beberapa pertanyaan untuk menjawab adalah ‘Bagaimana kilometerkah, 10 meter itu?’ atau ‘Berapa banyak dolar dari 6000 Rupiah?.’ Tidak hanya itu, pengguna dapat mengetahui perbedaan waktu antara kedua negara hanya dengan mengajukan pertanyaan serupa.

5. Bermain Musik dan Video

Kamu juga dapat meminta Google Asistant untuk memutar musik dan video dari layanan Google seperti Google Play Music dan YouTube. untuk membuat Perintah cukup sederhana, seperti ‘Mainkan Daft Punk’ atau ‘Mainkan Daft Punk di YouTube’.

Namun, perintah ini tidak diberikan kepada aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, kita tidak dapat meminta Google Asistant untuk memutar musik dari Spotify atau video dari layanan lain.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x