Fakta Tentang Facebook Ads yg Perlu Kamu Ketahui


Fakta Tentang Facebook Ads – Sebagai salah satu sosial media terbesar dunia, Facebook tentunya bukan hanya tempat berkumpul untuk pengguna biasa, tetapi juga pengusaha dan merek yang ingin memperkenalkan bisnisnya.

facebook ads 2
Fokus Facebook Ads

Dari Facebook Ads, layanan iklan ini banyak dipilih karena kapasitasnya, meliputi pasar yang lebih luas dan harga yang relatif terjangkau. Namun ternyata masih ada beberapa informasi terkait, yang kita tidak tahu tentang Facebook Ads. Berikut adalah ulasannya.

1. Facebook Bid Sangat Tergantung Pada musim

Musim yang dimaksudkan di sini bukan seperti musim panas atau musim dingin, tetapi periode ketika peristiwa tertentu terjadi hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu.

Algoritma Facebook dalam mendefinisikan sistem penawaran atau sistem pasokan harga iklan didasarkan pada beberapa faktor. Dan faktor terbesar yang mempengaruhi biayanya adalah semakin tingginya impresi iklan maka semakin banyak yang melakukan proses penawaran.

Oleh karena itu, pada saat-saat seperti saat Natal, Black Friday, atau hari-hari khusus lainnya, biasanya biaya per klik pada Facebook Ads akan meningkat.

2. Penawaran Facebook Advertising Options “Click to chat”

Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa ada bentuk pilihan iklan Click to chat. Meskipun bukan fitur baru, tapi jenis iklan ini tidak banyak diketahui karena peminat relatif sedikit.

Untuk informasi, Peluang iklan ini sangat baik jika kita menggunakan layanan pelanggan / CS. Ketika pengguna sering mengakses situs kita, dan ada kemungkinan bagi pengguna untuk melakukan pembelian atau transaksi, maka jenis iklan ini kemungkinan akan dimanfaatkan.

Karena pada akhirnya, konsumen akan ditampilkan iklan khusus yang akan mengarah pada fitur chat dengan merek. Jika konsumen merasa nyaman dengan layanan Customer SErvice melalui fitur chat, Maka tidak meutup kemungkinan bahwa mereka akan melakukan pembelian.

3. Menempatkan Facebook Ads Membutuhkan Strategi yang Berbeda-Beda
Belum lama ini Facebook memberikan kesempatan bagi pengiklan untuk membuat iklan yang dapat muncul pada beberapa jenis perangkat sekaligus. Tapi ingat, itu menunjukkan masing-masing perangkat, seperti perangkat dekstop atau mobile yang membutuhkan strategi penempatan iklan dan perilaku konsumen yang berbeda-beda. Akan lebih baik jika kita memilah campaign iklan yang khusus untuk perangkat tertentu.

4. Jumlah Teks Pada Iklan Mempengaruhi kesuksesan

Hal Ini datang langsung dari dalam pernyataannya Facebook bahwa Facebook lebih mengharapkan Iklan yang mengandung gambar kreatif dengan sedikit atau tidak ada teks sama sekali. Jenis gambar iklan seperti ini memiliki kesempatan lebih besar untuk distribusi, serta harga per impresi iklan yang lebih rendah.

Sampai saat ini, Facebook telah memiliki klasifikasi untuk jumlah teks yang ditampilkan dalam gambar kreatif. Klasifikasi ini dibagi menjadi ok (tepat), low (rendah), sedang (medium) dan tinggi (high).

5. Persyaratan Kreatif Selalu update

Faktanya, hampir setiap jenis campaign iklan yang ada tidak memberikan kontrol bagi pengiklan untuk mengelola seberapa sering iklan ditampilkan untuk pengguna tertentu. Padahal, sangat disayangkan jika iklan terus menerus muncul dalam akun pengguna, bukan tidak mungkin bahwa pengguna akan merasa tidak nyaman bahkan tidak tertarik melakukan pembelian.

Oleh karena itu, kita perlu memperbarui iklan yang kita miliki, sehingga pengguna tidak akan merasa bosan karena mereka dapat melihat iklan yang terus berubah.

facebook ads 3
Promosi Facebook Ads 3

6. Memanfaatkan Wawasan Pengguna

Program periklanan Facebook memiliki fitur khusus yaitu “AudientsInsight”/ Wawasan Pengguna, dan sebenarnya merupakan fitur yang sangat berguna untuk menargetkan konsumen.

Di dalamnya terdapat informasi tentang bagaimana kebiasaan online pengguna, pendapatan, daya beli, dan banyak informasi penting lainnya. Berbekal informasi ini kita dapat menjalin komunikasi untuk menargetkan konsumen sesuai dengan bisnis kita, kita juga dapat memperluas pencapaian campaign iklan.

7.Video Iklan Kurang Efektif untuk Meraih Respon secara Langsung

Jika tujuan dari iklan yang kita lakukan adalah untuk mendapatkan respon langsung terhadap konsumen, maka jenis Facebook iklan video merupakan alternatif yang harus dihindari. Karena, Facebook iklan dalam bentuk video lebih berpengaruh jika dimaksudkan untuk menyampaikan pesan tertentu tanpa ingin mendapatkan respon balik.

Sebuah video yang muncul di Facebook, hanya dapat membangkitkan minat konsumen untuk terhubung dengan merek kita. Namun pada kenyataannya, sebagian besar konten video cuma menghasilkan komentar atau like besar tanpa konversi positif seperti lalu lintas lalu lintas traffic ke situs bisnis kita.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakta Tentang Facebook Ads yg Perlu Kamu Ketahui

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format