10 Virus Komputer Paling Berbahaya Saat Ini


Pada dasarnya, virus komputer adalah sebuah program parasit pada perangkat komputer yang mampu tumbuh dan menyebar ke komputer lain. Biasanya virus komputer akan menyebar ketika pengguna mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain melalui perantara dalam bentuk flash atau hard disk.

virus terdetek
Virus Komputer

Saat virus menyusup flash dan akhirnya berhasil sampai ke komputer tujuan. Selain mampu menghancurkan data di komputer, virus ini juga mampu memburuk kinerja komputer, menjadikan kinerja komputer yang lambat dan jadi hang ketika digunakan. Untuk mengatasi hal ini, saya sekarang datang dengan informasi tentang 10 Virus PC Paling Berbahaya Sekarang Ini. Simak ulasan berikut ini!

1. Worm
Worm – jenis virus ini adalah virus yang cukup berbahaya karena mampu mereproduksi atau memperbanyak diri dengan sangat cepat. Jenis virus yang tersisa sendirian di komputer dapat mengakibatkan kapasitas hard disk komputer akan diisi dengan file sampah. Cara menanganinya cukup mudah, yaitu dengan memindai menggunakan AntiVirus seperti AVG, Avira, dan sejenisnya.

2. Trojan
Trojan adalah jenis virus komputer yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan atau bahkan mencuri data yang berada pada perangkat komputer. jenis virus Trojan biasanya muncul internet dan e-mail yang diterima oleh pengguna. Biasanya untuk mengatasi jenis virus ini dapat menggunakan perangkat lunak Trojan Remover.

3. Virus multipartite
Virus jenis ini biasanya terdiri dari beberapa file yang bisa menginfeksi sistem operasi tertentu pada perangkat komputer. Virus jenis ini biasanya tersembunyi di RAM dan hard drive komputer. Hal-hal yang merusak virus ini dapat menginfeksi sangat cepat. Cara mengatasinya adalah dengan membuat Defrag hard drive menggunakan Disk Defragmenter secara teratur.

4. Memory Resident Virus
Memori Resident Virus adalah jenis virus yang dapat menginfeksi memori komputer kamu. Efek dari jenis virus membuat kinerja komputer yang lambat dan kurang maksimal.Cara memperbaiki adalah dengan menggunakan anti-virus seperti Avira, Avast, dan sejenisnya.

5. Directory Virus
Directory Virus adalah jenis virus yang menginfeksi ekstensi .exe. Mungkin kamu telah menjalankan file exe di komputer kamu, dan dalam sekejap, file exe nya hilang atau ada kesalahan tanpa alasan yang jelas. Yah, itu adalah efek dari jenis virus ini.

Jika tidak ditangani dengan cepat, jenis virus ini dapat merusak semua file exe di komputer kamu. Sayangnya, antivirus saja tidak cukup untuk mengatasi jenis virus. Jika kamu sudah terinfeksi, kamu perlu menginstal ulang sistem operasi.

6. FAT Virus
File Allocation Table adalah virus komputer yang dapat merusak file dalam folder tertentu. file yang terinfeksi virus jenis ini biasanya akan disembunyikan, jadi seakan filenya hilang.

Jadi jika ada beberapa file di komputer kamu yang menghilang secara misterius, bisa menjadi penyebabnya adalah virus FAT. Cara mengatasinya adalah sama dengan virus lain dengan menggunakan antivirus yang sudah teruji.

7. Virus Macro
Macro virus pada dasarnya hanya mampu menginfeksi file makro .docx, .xls, .pps, dan sejenisnya. Virus jenis ini sering kali datang dari email yang kamu terima.Cara memperbaiki adalah dengan tidak membuka email yang masuk, jika kamu berpikir email tersebut adalah sesuatu yang mencurigakan.

8. Virus Overwrite

Virus jenis ini sedikit licik, karena bisa menghapus file atau data yang telah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas hard disk komputer. Jadi pada dasarnya file yang terinfeksi akan hilang, namun kapasitas hard drive akan tetap normal, layaknya file tersebut masih dalam folder.

Tentu saja, ini akan membuat kamu tidak curiga jika ada file yang dihapus pada komputer kamu. Untuk menangani jenis virus adalah dengan menghapus file yang terinfeksi, sehingga tidak menyebar ke file lainnya.

9. Sektor Boot
Boot Sector Virus adalah jenis virus komputer yang dapat menginfeksi bagian terkecil dari perangkat komputer yang disebut sektor boot disk. Ketika sistem komputer bekerja, jenis virus ini mampu pindah ke tempat lain untuk menginfeksi file yang ada. Cara menangani virus ini adalah dengan memasukkan hard drive kamu ke dalam write protect.

10. Virus Direct Action
Virus jenis ini adalah virus komputer dapat menginfeksi file Bat Autoxec yang terletak di folder hard drive. Virus jenis ini biasanya aktif ketika sistem operasi melakukan boot pertama kali. Selain itu, virus ini dapat menginfeksi perangkat periferal seperti hard drive dan flash drive, yang mampu membuta virus ini menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya. Cara mengatasinya sangat mudah dilakukan secara teratur menggunakan scanning antivirus.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Saat Ini

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format