Mengungkap Sumber Data Situs Alexa


Situs Alexa saat ini menjadi salah satu situs paling banyak dikunjungi pada analisis bisnis web. Situs ini bahkan telah menjadi sebuah perusahaan penting yang membantu banyak pemasaran terutama bergerak di dunia online.

Hal ini tidak terlepas dari jumlah data yang Alexa. Tidak hanya dalam hal peringkat atau yang sering disebut peringkat Alexa, kita juga dapat melihat berbagai data lain seperti penelitian kata kunci, analisis pesaing dan pengunjung data. Semua ini adalah tambang emas bagi pemasar online di seluruh dunia.

Tapi apakah kamu pernah bertanya-tanya di mana sumber semua data ini? Untuk mengetahuinya, kamu dapat membaca artikel di bawah ini.

Data Rahasia Alexa

Dalam tinjauan yang diposting, ternyata semua data yang diperoleh layanan web analitis Alexa paling banyak berasal dari toolbar browser. Bagi rekan-rekan yang telah lama terlibat dalam pemasaran atau bisnis online, mungkin sudah tahu khan tool peramban milik Alexa?

Umumnya, toolbar browser adalah layanan tambahan yang dapat dimasukkan dalam browser kita yang akan menampilkan informasi tambahan. Kita bisa memilih untuk menginstal toolbar tergantung pada kebutuhan kita. Namun pelaku pemasaran online umumnya mengambil Alexa toolbar untuk mendapatkan beberapa informasi, seperti lokasi pabrik dan informasi lainnya.

Alexa Toolbar sebagian besar dapat ditemukan di browser Firefox. Tapi sebenarnya toolbar juga dapat digunakan di browser lain. Toolbar yang mentransmisikan data yang berbeda akan diproses oleh Alexa dan disajikan dalam bentuk analisis data yang biasa kita lihat.

alexa rank
alexa rank

Fakta Dibalik Data Mining

Tapi apa yang tidak kita pikirkan adalah proses data mining yang dilakukan oleh Alexa toolbar hampir tidak dapat diketahui oleh kita.
Di satu sisi, toolbar jenis ini tidak memberikan manfaat pemasaran online untuk melakukan analisis situs. Tapi selain bekerja untuk menampilkan informasi, toolbar ini juga berusaha untuk menggali data dari situs yang kita dikunjungi .

Menariknya, jika kita membahas lebih dalam, ada kelemahan dalam sistem yang diterapkan oleh Alexa. Kelemahan ini akhirnya mempengaruhi keakuratan data yang ditampilkan.

1. Penjelasannya, siapa sajakah yang biasanya menggunakan data dari Alexa? Tentu saja, mereka yang terlibat dalam dunia bisnis online atau pemasaran online. Bagi mereka yang tidak terlibat di bidang tersebut, seperti ibu rumah tangga, atlet, pejabat, atau jutaan orang lain dari data yang diangkut oleh Alexa mungkin merasa tidak begitu penting.

Dari sanalah, seseorang dapat berasumsi bahwa semakin yang menggunakan Alexa toolbar adalah bahwa mereka juga bekerja dalam pemasaran online. Alasannya adalah sejalan dengan fakta di atas.

2. Selanjutnya, ketika toolbar yang diakses paling banyak pada pekerjaan pemasaran online, tentu saja akan lebih banyak data dari situs yang sering dikunjungi tentang pemasaran online. Inilah sebabnya mengapa data dari situs yang terkait dengan pemasaran online atau tempat umum seperti media-media sosial dan media online yang besar, lebih banyak dan lebih up to date dibandingkan situs yang membahas bidang lainnya.

Jika demikian, keakuratan data Alexa untuk situs pemasaran online dan situs2 besar, sudah tidak diragukan lagi. Tapi bagaiman untuk situs yang berada di luar bidang ini? Hal ini sangat tidak mungkin karena data yang diperoleh sangat tidak tepat atau mungkin kurang menyeluruh.

Pemikiran di atas hanya asumsi yang dapat dipecah oleh fakta jika Alexa memiliki sumber data lainnya. Tapi lebih dari itu, kita harus memahami bahwa proses pengumpulan data yang besar saat ini telah banyak dilakukan oleh platform secara online.

Bahkan media sosial seperti Facebook, setiap hari mendapatkan data dalam jumlah besar yang berkaitan dengan kebiasaan kita. Hal ini tentu sangat berharga di mata pemilik bisnis.

Di satu sisi, kita tidak dirugikan oleh pengambilan data. Tapi di sisi lain ada potensi besar yang dapat dimanfaatkan jika kita tahu bagaimana untuk memproses data tersebut.

Pada akhirnya, artikel ini bertujuan untuk mengajak rekan-rekan, terutama dalam bisnis dan pemasaran online untuk bisa lebih kritis dan kreatif dari informasi atau analisis yang tersebar di internet.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengungkap Sumber Data Situs Alexa

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format