28 Maret 2024
COS tampilan

COS tampilan

Menurut ISCAS, COS adalah suatu sistem yang bertujuan untuk menutupi kekurangan OS lainnya seperti Android yang memiliki fragmentasi dalam jumlah yang cukup besar dan Ios dengan kebijakan mengkhususkan iOS di lingkungan OS Android dan Windows yang dikenal memiliki sistem keamanan yang lemah . Namun di dalam COS juga diharapkan memiliki user interface dan fitur yang tidak jauh berbeda dengan Android.

Pengembangan COS bisa berjalan dengan lancar dan bisa juga mendapatkan beberapa kendala seperti banyaknya jumlah perangkat mobile yang dibuat oleh produsen Cina di pasar internasional, hal ini dapat menjadi media promosi tersembunyi dan mampu meraup omzet tinggi dengan pemasaran gol muda kelas menengah keatas. Tapi jangan senang dulu, pasti akan banyak hambatan dalam hal pemasaran yang tidak tanggung-tanggung terjadi, seperti halnya asal media ini dibuat, Cina pada dasarnya adalah saingan negara-negara Eropa dan Amerika pasti akan merasa sulit untuk mengubah pola pikir konsumen di dalam negera tersebut. Hal ini sangat berkaitan erat dengan produk – produk yang diluncurkan, yaitu ZTE, Huawei dan Lenovo yang saat ini mulai bersedia untuk memasuki pasar AS, tetapi sulit untuk menembus dominasi iPhone dan Samsung. Hal ini juga berlaku di negara – negara Asia lainnya, termasuk Korea dan Jepang, yang melihat bahwa ponsel – ponsel buatan Cina dikenal sebagai salah satu produk IT dan gadget, yang cukup berkualitas walaupun dijual dengan harga yang terjangkau. Tentu saja ini merupakan tantangan besar bagi Cina.

COS Interface
COS Interface

Shanghai Linatong, sebuah perusahaan IT yg bekerjasama dengan Institute of Software, Chinese Academy of Sciences (ISCAS) dan Pemerintah Cina untuk memulai sistem operasi (COS) ke pasar internasional. Dari berita terbaru, kami merangkum melalui Teknopedia dan CNET News, China bersedia untuk mendekati HTC agar dapat menghasilkan perangkat lunak yang bisa berjalan dengan program tambahan yang disebut COS. COS adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan secara mandiri dimana OS nanti nya diharapkan dapat mematahkan monopoli platform asing seperti Android dan iOS dan dapat menawarkan fitur yang lebih canggih.

Cina adalah salah satu negara komunis yang terkenal dengan otoritas negara yang relatif ketat, dimana negara yang disebut sebagai negara tirai bambu penuh disiplin dan mengeluarkan peraturan cukup ketat akan produk asing tanpa terkecuali termasuk urusan sistem operasi. China bahkan bersedia untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk menciptakan sistem operasi baru yang lebih aman dan mandiri melebihi sistem operasi yang telah ada sekarang.

Aliyun, sistem operasi mobile Made in China

Baru – baru ini pengembang dari Cina telah berhasil menciptakan sebuah sistem operasi baru yang disebut Aliyun yang erat kaitannya dengan COS, anti sistem Android milik Cina. Mereka berpendapat bahwa sistem itu sudah siap untuk bersaing secara sempurna dengan meluncurkan OS berbasis cloud pada sistem iOS atau Android.

Adalah sebuah perusahaan besar “Alibaba Cloud Computing”, yang mendapat ide untuk memulai sistem operasi ini, Aliyun menurut beberapa sumber telah dipersipkan untuk perangkat mobile berbasis cloud. Sebagai langkah pertama, diharapkan OS ini dapat dimasukkan kedalam ponsel buatan China, K – Touch Cloud Smartphone W700.

Meskipun pemasarannya dilakukan dengan mengajak banyak pihak eksternal untuk bekerja sama mencapai tujuan agar meraih omset yang besar, tapi sayangnya, untuk saat ini OS tersebut hanya memiliki pilihan dalam bahasa Cina sebagai bahasa pengantar. Namun Aliyun berharap OS ini dapat diterapkan tidak hanya untuk Smartphone, melainkan juga produk – produk tablet lainnya.

Meskipun produk ini relatif baru, OS berbasis Linux tersebut telah mampu menangkap hati penggemar dengan menawarkan berbagai fungsi komputasi awan yang mendukung seperti e-mail, perangkat navigasi GPS dan pencarian Internet, Produsen mengharapkan orang awam akan menggunakan OS ini karena mereka tidak perlu repot – repot-repot untuk mendownload berbagai aplikasi secara manual karena semua file – file sudah disiapkan di server backup komputasi awan Aliyun.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x