Cara Membersihkan Jejak Digital Di Internet


Membersihkan Jejak Digital – Apakah Kamu tahu jika Google bisa sampai sejauh ini, karena kita sendiri loo. Raksasa internet ini dapat mengembangkan berbagai produk dan layanan yang berguna dengan mengumpulkan semua informasi tentang kita sebagai pengguna setia.

Jadi sebenarnya semua ini tidak ada yang benar-benar gratis. Namun dengan data itu, Google menciptakan sesuatu yang berguna bagi kita juga.  Sebuah contoh kecil, kita dapat memonitor lalu lintas melalui Google Maps secara real time. Hal itu berkat adanya data yang dikumpulkan dari kita dengan begitu baik. Android bisa menjadi secanggih seperti sekarang bisa dibilang karena kita juga.

Sangat wajar jika pengguna layanan Google punya perasaan suka dan benci. Kamu mungkin merasa sedikit khawatir tentang berapa banyak informasi tentang Kamu yang dikumpulkan oleh Google.

Tentu saja, hidup memang penuh pilihan, dengan memutuskan untuk tidak berbagi data. Setidaknya Kamu dapat dengan mudah mengurangi jejak digital dan informasi kita di Google dengan mengikuti beberapa langkah-langkah ini.

Pertama, kunjungi myactivity.google.com untuk menemukan data dan riwayat pencarian Google. lebih baik jika kita mau melakukan pembersihan secara rutin.

Membersihkan Jejak Digital 2
My Activity

Masuk dengan akun Google Kamu, pilih data yang ingin Kamu lihat. Di sana Kamu bisa melihat kelompok atau topik. Selanjutnya Kamu juga dapat melihat aktivitas Google lainnya. Kamu dipersilakan untuk mengeksplorasi aktivitas secara jelas

Membersihkan Jejak Digital 2
Membersihkan Jejak Digital 2

Dari sini Kamu dapat memilih salah satu yang ingin terlihat, seperti aplikasi dan aktivitas web, aktivitas suara, audio, informasi perangkat, lokasi riwayat pencarian, dan video YouTube yg telah dilihat atau pilihan yang dicari .
Setelah Kamu memilih salah satu data yang ingin Kamu lihat, perhatian detail informasi apa saja yang Google memiliki tentang Kamu. Apakah informasi harus disimpan atau dimusnahkan.
Nah, jika Kamu ingin data dan informasi untuk terhapus, klik pada “hapus aktivitas menurut”. Kemudian Kamu dapat menghapus sesuai topik atau produk.

Membersihkan Jejak Digital 2
Membersihkan Jejak Digital 2

Kamu dapat memutuskan berapa banyak informasi yang ingin Kamu hapus. Kamu dapat memilih setiap hari (hari ini, kemarin) atau lebih spesifik dengan memilih fitur mingguan, bulanan dan bahkan selamanya (4 minggu, All Time).
Pilih data yang diinginkan dan jejak yang tidak diinginkan untuk dihilangkan secara digital.

Pesan terakhir

Ada banyak pengguna yang tidak tahu bahwa semua aktivitas internet dan aktivitas smartphone Kamu dipantau oleh Google. Bahkan, informasi yang dikumpulkan digunakan untuk meningkatkan layanan bisa saja berakhir untuk menghancurkan kita.

Tetapi juga penting untuk mengetahui dan mengatur apa yang bisa dan tidak bisa dikumpulkan oleh Google. Langkah-langkah di atas dapat sedikit membingungkan, tetapi sangat mudah untuk menguji. Apakah Kamu peduli atau tidak? Bagaimana pendapat Kamu?

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Membersihkan Jejak Digital Di Internet

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format