Cara Mengoreksi Lembar LJK dengan Aplikasi Smartphone


ZipGrade Logo
ZipGrade Logo

Dalam Artikel  ini akan mengulas secara singkat sebuah Aplikasi Smartphone Android yang disebut ZipGrade. Dengan kamera smartphone, anda dapat menggunakankan aplikasi ini untuk memperbaiki Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang sudah ada formatnya. Aplikasi ini sangat berguna buat guru yang ingin memperbaiki jawaban siswa. Tentu saja, hal ini juga dapat mengurangi kesalahan manusia (human error). Jadi cukup sediakan ZipGrade + kamera = Hasil Koreksi.  Sederhana dan mudah.

Guru sering membuat tes bagi siswa dalam bentuk pilihan ganda untuk menentukan keberhasilan belajar siswa. Guru sebagai manusia, pasti juga sering keliru mengoreksi hasil tes muridnya. Jadi seringkalu siswa memprotes karena nilai nya kurang atau lebih. Proses koreksi yang terlalu lama juga membutuhkan konsentrasi tinggi.  Jadi yang datang ke pikiran anda mungkin “Ada tidak yaa, software yang bisa meng koreksi hasil tes siswa secara cepat dan akurat?”

Saya menemukan beberapa perangkat lunak yang keren, tetapi perangkat lunak tersebur butuh alat dengan harga Scanner yang luar biasa mahal. Kemudian tanpa disengaja saya menemukan aplikasi ZipGrade ini. Ternyata solusinya cukup menggunakan kamera smartphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak membeli lagi) untuk mengoreksi jawaban layaknya scanner mahal tersebut, dan hal yang paling penting kamera nya harus bagus.
Anda dapat men-download aplikasi ini dari Play Store di Android atau Iphone Apps Store.

Menggunakan ZipGrade
Menggunakan ZipGrade

ZipGrade menyediakan 3 Tipel LJK, yaitu:
1. Tipe 20 soal (tidak menggunakan nomor id peserta)
2. Tipe 50 soal (membutuhkan nomor ID peserta)
3. Tipe 100 soal (membutuhkan nomor ID peserta)
Jenis ini dipilih sesuai dengan kondisi yang digunakan dalam sekolah. LJK seperti ini dapat didownload di halaman https://www.zipgrade.com/forms/ . Ada yang disediakan yang berbentuk file PDF. Ada juga bentuk gambar PNG.  Gambar PNG dapat edit. Saya sendiri dapat mengedit yang 20 soal di selembar kertas muat 4 LJK. Sehingga Anda dapat menghemat kertas. 50 dan 100 soal sudah pas satu lembar kertas dan tidak dapat diedit lagi. Silakan mencetak file itu sendiri. Untuk memperbanyak boleh saja di fotokopi. Hal ini Lebih efisien dibandingkan dengan LJK biasa karena LJK tersebut biaya cetaknya cukup mahal.

Setelah LJK siswa itu terjawab, dengan ZipGrade tinggal mengoreksi saja. Cukup arahkan kamera smartphone anda ke lembar jawaban. hasilnya nanti akan ditampilkan pada layar smartphone. Ketikaselesai mengoreksi, hasil koreksi dapat diekspor ke PDF atau file CSV. Jika ingin melihat hasilnya cukup ekspor ke PDF. Tetapi jika anda  ingin melakukan analisis tes, Anda mengeksportnya ke file CSV, sehingga file tersebut dapat dibuka di aplikasi pengolah angka “Microsoft Office Excel”.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk  guru-guru yang terhormat. Terima kasih sudah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Mengoreksi Lembar LJK dengan Aplikasi Smartphone

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format