Di China, Akun KTP Digital Bisa Menggunakan WeChat


China menggandeng perusahaan teknologi Tencent untuk meluncurkan sistem identitas digital dengan menggunakan program WeChat yang disebut WeChat ID. WeChat ID akan bertindak sebagai kartu identitas digital ( KTP Digital ) untuk kegiatan administrasi di China yang diakui oleh Kementerian Keamanan Publik di China.

Inisiasi WeChat ID dilakukan pada sebuah upacara di Guangzhou, ibukota Provinsi Guangdong, Senin, 25 Desember 2017. Untuk saat ini, WeChat ID baru di uji coba di Guangzhou dan dijadwalkan akan tersedia di seluruh China pada bulan Januari 2018.

KTP Digital
KTP Digital

WeChat ID dapat digunakan untuk meng autentikasi identitas, seperti pemesanan hotel atau tiket, layanan perbankan dan penggunaan jasa layanan pengiriman.

Ada dua versi WeChat ID, yang pertama adalah versi lightweight yang digunakan untuk aktivitas sederhana, seperti pendaftaran (sign up) ke warnet. Sementara versi upgrade bisa digunakan untuk autentikasi identitas yang aman, seperti transaksi bisnis.

Polisi juga memastikan bahwa kartu identitas digital sangat mudah, aman dan akurat untuk digunakan sebagai informasi karena Terhubung dengan user interface, sidik jari dan kartu identitas fisik yang membuatnya (WeChat ID) hampir tidak mungkin bisa dihapus

Proyek ID yang disebut WeChat akan membantu mencegah pencurian identitas online.
Karena teknologi pengenalan wajah digunakan untuk memverifikasi identitas pemohon sebelum ID mereka disetujui.

WeChat ID bukan platform aplikasi seluler pertama yang bertindak sebagai kartu identitas digital (KTP Digital). Sebelumnya, Alipay, sebuah platform pembayaran online, juga telah menciptakan sistem serupa yang bekerja dengan Biro Keamanan Umum Wuhan di Provinsi Hubei. Lebih dari 400.000 penduduk telah terdaftar di Alipay.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Di China, Akun KTP Digital Bisa Menggunakan WeChat

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format