10 Bahasa Pemrograman Paling Diminati 2018


Bahasa pemrograman saat ini ada begitu banyak sehingga ada banyak kesempatan bagi pengembang untuk mengembangkan aplikasinya. Tapi dari sekian banyak bahasa terprogram yang ada, ada bahasa pemrograman yang seringkali digunakan oleh pengembang.

Berdasarkan hasil Popularity of Programming Languange Index Februari 2018. Java masih menjadi raja bahasa pemrograman populer yang digunakan pengembang di seluruh dunia, diikuti oleh Python, Php, JavaScript dan C # yang menempati top 5.

java
java

1.Java
Java adalah bahasa pemrograman terpopuler yang digunakan di seluruh dunia untuk saat ini. Awalnya, Java dikembangkan pada tahun 1991 dalam sebuah proyek hijau yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat masih berada di Sun Microsystems. Kini, bahasa pemrograman Java secara resmi dimiliki oleh perusahaan Oracle setelah Sun Microsystem telah merelease nya.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang hebat untuk pengembangan aplikasi desktop, web, bahkan mobile. Java sangat populer di kalangan pengembang android karena platform android juga menggunakan bahasa pemrograman java.

 

phyton
phyton

2.Python
Bahasa pemrograman ini sangat populer karena mudah dipelajari dan powerful. Python sendiri pada awalnya dirancang oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Python sendiri berasal dari acara komedi Monty Python yang melKita tahun 70 an.

Python adalah bahasa pemrograman penafsir yang memiliki kemampuan, kemampuan dengan sintaks kode yang jelas dan fungsionalitas perpustakaan yang besar dan komprehensif.  Untuk Sintaks yang ada pada Python dapat dengan mudah kita pelajari dan kita pahami. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan Python adalah Google.

 

PHP
PHP

3.PHP
Awalnya PHP digunakan untuk Personalisasi Situs Web. Bahasa pemrograman ini sendiri dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. PHP adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membangun website yang dinamis dengan teknologi script side side server. Dengan teknologi pemrograman web ini, skrip dibuat atau diterjemahkan di server untuk mengaktifkan halaman web dinamis yang akan dihasilkan.

Bahasa pemrograman ini juga bisa digunakan untuk membuat CMS. Beberapa CMS yang terkenal menggunakan PHP adalah WordPress dan Joomla.

 

4.JavaScript

JavaScript ini awalnya dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk pengembangan web karena bisa membuat internet semakin menarik dan interaktif.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, banyak tool dan framework yang bisa membantu pengembang mengembangkan aplikasi web dan multiplatform platform mobile menggunakan JavaScript.

 

C#
C#

5.C #

Bagi developer  yang suka menggunakan Microsoft Visual Studio, Pasti sudahtahu bahasa pemrograman ini bukan? C # dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari .NET Framework Framework Initiative yang menggunakan gabungan antara C dan C ++.

Bagi developer yang tidak ada Microsoft Visual Studio untuk meng-kompilasi kode program C#, mungkin bisa mencoba menggunakan Mono. Selain itu, bahasa pemrograman C # juga populer digunakan untuk membangun game di engine game populer seperti Unity.

C # juga populer untuk pengembangan aplikasi berbasis Windows atau Windows Phone. Menariknya, hadirnya Xamarin bersama dengan Microsoft Visual Studio 2015 menjadikan para developer untuk bisa membangun aplikasi di  Android Windows dan IOS menggunakan pemrograman C #.

 

6.C

Biasanya, tool ini merupakan bahasa pemrograman awal yang diajarkan di perguruan tinggi jurusan TI di Indonesia sebagai jalur algoritma dan pemrograman dasar yang mendukung. Kita bisa mengatakan bahwa C adalah bahasa pemrograman lama, yang dikembangkan pada tahun 1970 oleh Dennis Ritchie.

Bahasa C ini banyak digunakan untuk memprogram sistem komputer dan jaringan. Tapi banyak pengembang juga mengembangkan perangkat lunak dengan menggunakan C. Ada banyak bahasa pemrograman yang berasal dari C seperti C ++, C # dan banyak lagi.

Matlab
Matlab

7.Matlab

Matrix Laboratory atau yang lebih kita kenal dengan Matlab adalah program yang digunakan untuk analisis dan perhitungan numerik. Meski demikian, Matlab sendiri merupakan bahasa pemrograman komputer generasi MMCI yang dikembangkan oleh The MathWorks yang memiliki kemampuan untuk melakukan fungsi diplot serta data, memanipulasi matriks, menerapkan algoritma, dan banyak fungsi pemrograman lainnya.

Objective-C
Objective-C

8.Objective-C

Bahasa pemrograman ini sangat familliarder bagi pengembang yang sering mengembangkan aplikasi native pada sistem operasi perangkat Apple Mac OS dan iOS. Objective C sebelumnya dikembangkan dari bahasa C menggunakan gaya Smalltalk . Objective-C dibangun oleh Brad Cox dan Tom Love, yang kemudian dirilis pada tahun 1983 dengan  berorientasi pada objek.

 

9.SWIFT
Swift adalah objek bahasa pemrograman fungsional untuk pengembangan IOS dan OS X yang dibuat oleh Apple. Dirancang untuk hidup berdampingan dengan Objective-C untuk menghindari kesalahan.Kode Pemrograman Swift, diperkenalkan oleh Apple pada WWDC 2014. Acara tahunan ini dibangun dengan compiler LLVM yang disertakan dalam Xcode 6 beta. Sebuah buku berisi 500 halaman petunjuk, Swift Programming Language, yang diterbitkan di WWDC, dan tersedia gratis di iBooks. Pada pada tanggal 2 Juni 2014, aplikasi WWDC menjadi aplikasi pertama yang diluncurkan ke publik yang ditulis menggunakan Swift.

Itulah 10 daftar bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan oleh para devekoper. Semoga artikel ini bisa membantu kita memilih bahasa pemrograman yang ingin kita gunakan untuk membuat aplikasi.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Bahasa Pemrograman Paling Diminati 2018

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format