Peluang Investasi Peer to Peer Lending (P2P)

Peer to Peer Lending (P2P)

Bicara tentang investasi, masyarakat Indonesia masih belum familiar dengan potensi peer-to-peer lending (P2P). Pinjaman online merupakan salah satu bahasa yang sering dikaitkan dengan P2P, padahal P2P tidak hanya digunakan untuk pinjaman, tetapi juga dapat digunakan sebagai alternativ investasi. Dalam ekosistem P2P di Indonesia, perusahaan P2P terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok konsumen (untuk keperluan pribadi) dan kelompok multiguna / produktif (untuk kegiatan usaha).

Di hari ini, akan saya jelaskan lebih jauh mengenai potensi P2P multiguna / produktif yang biasa disebut juga P2P lending.

Investasi  Peer to Peer Lending
P2P Lending

Dalam beberapa tahun terakhir, pendanaan melalui Peer to Peer Lending sangat diminati, terutama di kalangan milenial yang sudah mulai menyadari pentingnya pendanaan untuk masa depan. Pendanaan P2P lending pada umumnya menyasar UMKM dan juga individu yang perlu meminjam uang dalam waktu singkat.

Investasi P2P lending memiliki sejumlah keunggulan sehingga dapat menarik minat masyarakat sebagai alternatif investasi di tengah pandemi ini. inilah beberapa hal yang membuat investasi ini tambah populer :

Modal rendah: Sebagian besar jenis investasi membutuhkan modal dengan jumlah besar. Melalui P2P, investor dapat menginvestasikan uangnya mulai dari ratusan ribu rupiah saja, jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki banyak uang.

Pengembalian tinggi: Jika dibandingkan dengan jenis investasi lain, P2P memberikan pengembalian tinggi dengan kisaran rata-rata 16% hingga 24% per tahun. Dengan return yang tinggi, kamu bisa mencapai hasil yang lebih optimal

Investasi jangka pendek: kamu dapat menikmati hasil investasi dalam jangka waktu kurang dari setahun. Bisa memilih jangka waktu mulai 14 hari, 30 hari hingga satu tahun, karena P2P lending merupakan salah satu investasi yang likuid.

Membantu Permodalan UMKM: Selain punya banyak keuntungan bagi investor, P2P Lending juga menawarkan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan modal ventura. Secara tidak langsung, investor juga berperan besar mengembangkan perekonomian negara.

Bisa pilih peminjam : P2P lending akan memberikan profil data tentang peminjam. Investor bisa memilih pinjaman atau mitra mana saja yang ingin mereka danai.

Setelah mengetahui keunggulan P2P lending, apakah kamu tertarik untuk mencoba P2P lending sebagai alternatif investasi kedepannya?