26 Mei 2024
Memutuskan Resign

Memutuskan Resign

Saat Teman-teman berencana untuk berhenti bekerja (resign). Alangkah baiknya kita mempertimbangkan dulu untuk kedepannya, apakah sudah ada opsi untuk mendapatkan penghasilan alternatif saat kita sudah tidak ada pekerjaan utama. Berikut beberapa saran yang bisa dipertimbangkan lebih dahulu:

Freelance Design Animasi
Freelance Design Animasi

Freelancing atau Bekerja Paruh Waktu 

Situs-situs seperti  Freelancer,Upwork, atau Fiverr menawarkan peluang untuk bekerja sebagai freelancer di berbagai bidang seperti desain grafis, penulisan, penerjemahan, dan banyak lagi lainnya. Kita juga bisa mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan keterampilan dan minat yang disukai.

Kerja dari Rumah (Kerja Remote)

Banyak perusahaan sekarang menawarkan pekerjaan yang dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah, yang mungkin bisa memberi kita fleksibilitas yang dibutuhkan.

Investasi

Kita bisa mempertimbangkan investasi dalam berbagai hal seperti saham, properti, atau mata uang kripto, dll. Perlu diingat, investasi pasti ada risikonya dan kita harus melakukan riset atau konsultasi dulu dengan ahli sebelum membuat keputusan.

Menjual Produk atau Jasa

Jika memiliki keterampilan atau produk yang bisa dijual, pertimbangkanlah untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Misalnya, Kita bisa membuat dan menjual  makanan, kerajinan tangan atau jasa seperti kursus online, konsultasi, dsb.

Menulis atau Blogging

Jika suka menulis, Kita juga bisa mencoba menulis blog atau buku untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, atau penjualan buku.

Perlu diingat, pendapatan dari penghasilan alternatif ini mungkin tidak konsisten dan membutuhkan waktu untuk berkembang. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan keuangan kita dengan hati-hati dan jangan lupa memiliki tabungan darurat sebelum Kita memutuskan untuk resign.