17 Juni 2024
Potensi Batubara, Apakah kedepanya dilarang

Potensi Batubara, Apakah kedepanya dilarang?

Bagi teman-teman yang masih mempunyai saham batubara (ADRO, PTBA, ITMG,dll) Jangan lupa juga untuk melihat potensi batubara dalam beberapa tahun kedepan, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangannya mulai dari isu lingkungan, permintaan pasar global, perkembangan teknologi, kebijakan pemerintah serta kondisi geologis di wilayah penambangan batubara.

Batubara

Isu Lingkungan

Hal Pertama yang mempengaruhi perkembangan batubara yaitu banyaknya Negara yang mengadopsi kebijakan melindungi lingkungan dari emisi gas rumah kaca dengan menjadikan berbagai pembatasan untuk penggunaan batubara. Berbagai negara melakukan hal tersebut tujuannya untuk mengurangi ketergantungan pada batubara sekaligus berencana mengganti energi yang lebih bersih.Faktor ini bisa membatasi perkembangan batu bara di masa mendatang.

Permintaan Pasar Global

Faktor kedua, Potensi batubara bergantung pada kebutuhan energi global apakah nanti tetap menjadi bahan bakar fosil utama ataukah akan beralih ke sumber energi yang lebih bersih seperti EBT atau energi baru terbarukan.

Perkembangan Teknologi Pertambangan

Faktor Ketiga, Adanya kemajuan teknologi pertambangan batubara bisa meningkatkan potensi produksi lebih efisien, lebih aman dan bisa membuat kegiatan penambangan menghasilkan peningkatan potensi produksi lebih tinggi dari sebelumnya.

Ketersediaan Cadangan Batubara

Guna menunjang kenaikan produksi. Ketersediaan cadangan Batubara yang mencukupi juga mempengaruhi potensi batubara di masa depan, karena  jika cadangan ini mudah diakses dan dieksploitasi. Potensi yang diraih akan lebih tinggi dengan harga yang lebih ekonomis

Konsumsi Internal 

Potensi batubara sejauh ini juga bergantung pada kebutuhan dalam negeri karena negara yang sangat mengandalkan batubara sebagai sumber energi utama pastinya membuat batubara menjadi lebih tinggi nilainya.

Kebijakan dan Regulasi Pemerintah

Salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan eksistensi batubara yaitu adanya kebijakan dan regulasi pemerintah yang mendukung. Adanya peraturan ketat terkait lingkungan dan keselamatan kerja, dapat menghambat kegiatan produksi batubara sedangkan adanya insentif pemerintah dalam industri batubara bisa meningkatkan potensi produksi lebih tinggi lagi.

Selain hal-hal di atas, perlu digarisbawahi juga bahwa untuk saat in di tahun 2023 banyak negara dan organisasi telah berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca dan akan berencana pindah ke sumber energi yang lebih bersih dalam beberapa tahun kedepan. Mungkin saat ini penggunaan batubara sebagai sumber energi utama masih dipakai. Cuma tidak menutup kemungkinan adanya proses menuju diversifikasi energi dan mengurangi ketergantungan terhadap batubara. Bisa jadi turut membatasi pertumbuhan industru batubara di masa depan. Bagaimana menurut kalian?

0 0 votes
Article Rating
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

OnOverseas.Com

[…]Here is an excellent Blog You may Discover Exciting that we Encourage You[…]

trackback

austin jobs

[…]Wonderful story, reckoned we could combine a handful of unrelated data, nevertheless definitely really worth taking a appear, whoa did one particular master about Mid East has got a lot more problerms at the same time […]

trackback

bluecollar jobs

[…]that may be the end of this write-up. Here you will discover some sites that we think you will enjoy, just click the links over[…]

trackback

whitecollar jobs

[…]usually posts some very exciting stuff like this. If youÂ’re new to this site[…]