3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Hardisk Eksternal


Saat ini, Jika kita memerlukan penyimpanan besar untuk menyimpan film, video maupun fotografi. Tentu saja Google Drive maupun Cloud tidak akan cukup. Karena meskipun menyimpan di internet tergolong aman, bagaimanapun juga, kita juga menginginkan penyimpanan data secara langsung. Oleh karena itu kita butuh hardisk eksternal sebagai tambahan penyimpanan. Dengan adanya hardisk eksternal, kita bisa selalu siap  berbagai data foto, video, musik maupun film dimana saja dan kapan saja tanpa harus memikirkan adanya koneksi internet. Didukung dengan kapasitas besar, kita cukup membawa hardisk dan kabel USB tanpa membutuhkan power adapter tambahan karena hardisk sudah mendapatkan daya melalui USB. Maka dari itulah hardisk eksternal merupakan benda wajib untuk kita miliki.

Baca Juga Mengenal VGA Card

Jika ingin membelinya, sebelumnya simak dulu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih hardisk  hardisk eksternal yg diinginkan.

1. Pastikan Harddisk yang  Dipilih Cukup Cepat

Hardisk external mempunyai 2 tipe, yang pertama yaitu SSD atau Solid State, dan non SSD atau versi biasa. Jika kamu suka menggunakan untuk kerja berat seperti mengedit video dengan ukuran raksasa sebaiknya dapat dilakukan dengan SSD. Namun jika kamu tidak mementingkan kecepatan dan cuma butuh sekedar menyimpan data, non sSD adalah pilihan yang tepat bagi kamu.

ssd-vs-hdd
Ssd vs Hdd

Untuk USB  drive yang paling cepat saat ini adalah USB 3.1 yang memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat dari usb 3.0. Jika menginginkan lebih murah lagi dapat menggunakan uSB 2.0 dengan konsekuensinya kecepatannya lebih lambat 10 kali lipat dibandingkan USB 3.0.

2. Pastikan Kapasitas Penyimpanan yang Tepat

Memilih Kapasitas Penyimpanan HDD
Memilih Kapasitas Penyimpanan HDD

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar tentu akan lebih baik. Namun kamu perlu membayar lebih jika menginginkannya. Seperti contohnya sekarang sudah ada harddisk dengan kapasitas 4 tb. Jika angka tersebut tergolong sangat besar bagi kamu, sebaiknya pilihlah kapasitas yang lebih kecil sesuai yang kamu butuhkan. contohnya hardisk 1 tb sudah lebih dari cukup untuk menyimpan data.

3. Lihat dulu kedepannya
Di masa depan koneksi port USB type A akan segera bergeser ke port USB tipe C. Mungkin kamu akan membutuhkan koneksi kabel USB type c agar bisa kompatibel dengan laptop sekarang maupun di masa depan.

Memilih Hardisk Eksternal usb type c
USB Type C

Untuk beberapa tipe laptop generasi baru seperti macbook. Semuanya hanya memiliki USB type C.  Jadi, jika kamu menggunakan laptop generasi terbaru tentu kamu membutuhkan hardisk eksternal dengan koneksi USB type C

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Hardisk Eksternal

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format