Tanda Tanda Smartphone Disadap dan Disusupi Oleh Orang Lain


Tanda Tanda Smartphone Disadap Oleh Orang Lain – Penyadapan memang bukanlah sesuatu baru di dunia telekomunikasi.  Namun, hal ini masih sering menjadi polemik dari berbagai pihak tentang tujuan dari penyadapan tersebut. Terlepas dari masalah tersebut, tidak banyak dari kita yang tahu bahwa ada cara sederhana untuk mengetahui apakah smartphone kita disadap atau tidak oleh pihak asing.
Penasaran, seperti apa tanda-tanda smartphone kita telah disadap?

Berikut ini  lima tanda Smartphone kita kemungkinan telah disadap oleh orang lain :

1. Smartphone Boros Baterai
Baterai pada smartphone yang cepat habis mungkin saja merupakan masalah biasa bagi beberapa pengguna. Selain digunakan untuk menjalankan program aplikasi, baterai yang sudah lama digunakan atau bermasalah memang dikenal tidak tahan lama.

Smartphone Boros Baterai
Smartphone Boros Baterai – Tanda Smartphone Disadap

Namun perlu diketahui, baterai yang cepat habis pada smartphone bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa semaphone kita berhasil disusupi oleh pihak ketiga. Hal ini bisa disebabkan oleh malware yang menguras habis daya baterai lebih cepat padahal  kita tidakmerasa adanya penggunaan berlebih .
Kendati demikian, tidak ada salahnya kita juga turut memperhatikan adanya penyebab lain, seperti beberapa aplikasi yang berjalan di background tanpa kita ketahui.

2. Konsumsi Penggunaan Daya Berlebihan
Tidak bisa dipungkiri sebagian besar aplikasi smartphone memerlukan jaringan internet agar bisa berjalan secara maksimal, maka dari itu para pengguna smartphone pasti akan berusaha menghubungkan smartphone mereka dengan internet, baik lewat jaringan seluler maupun WiFi.

Peningkatan Penggunaan Data - Tanda Smartphone Disadap
Peningkatan Penggunaan Data – Tanda Smartphone Disadap

Sebagai seorang Pengguna, kita  sebaiknya harus bisa memantau penggunaan baterai dalam jangka waktu tertentu. Alasannya yaitu jika kompresi data yang berlebihan dan tidak sesuai dengan penggunaan bisa jadi hal ini merupakan salah satu ciri masalah yang ada di smartphone tersebut.
Jika  tidak menemukan sumber masalah nya, seperti adanya aplikasi yang berjalan atau adanya aktivitas tethering WiFi, ada kemungkinan orang lain telah ikut menumpang aktivitas internet di smarphone tersebut.

5. Aplikasi Asing Tiba-Tiba Terpasang
Hampir sebagian besar dari pengguna smartphone pasti sudah mengetahui apa saja aplikasi dan bagaimana tampilan layar perangkatnya. Tapi hal ini tidak berarti menghilangkan resiko disusupi aplikasi berbahaya,,,,Dalam beberapa kasus, para penyusup ternyata dapat memasang aplikasi tanpa sepengetahuan kita.

Waspada Aplikasi Asing - Tanda Smartphone Disadap
Waspada Aplikasi Asing – Tanda Smartphone Disadap

Kadangkala aplikasi tersebut tidak ditampilkan di layar smartphone. melainkan berjalan secara background. Untuk itu selalu perhatikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan dan lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan guna memastikan perangkat kamu baik-baik saja

3. Masalah Performa Smartphone
Apakah Performa smartphone kamu sedikit bermasalah, seperti kinerja yang melambat?
Terkadang masalah tersebut bisa diatasi dengan melakukan berbagai langkah seperti menghapus sejumlah data yang tidak terpakai atau melakukan pembersihan cache. Hanya saja, kadang solusi tersebut tidak juga menuai hasil.

Smartphone Lambat - Tanda Smartphone Disadap
Smartphone Lambat – Tanda Smartphone Disadap

Adanya malware  di dalam perangkat bisa jadi  merupakan salah satu penyebab yang terjadi tanpa kita sadari.
Apabila hal ini benar, dapat dikatakan malware tersebut telah mengakses informasi dasar pada perangkat kita termasuk melakukan pemotongaan lalu lintas pesan.  Data yang digunakan untuk melakukan proses tersebut bisa mengakibatkan performa smartphone menjadi lebih lambat dari biasanya.

4. Menerima Pesan Aneh
Pesan yang mengganggu atau spam biasanya bisa njadi salah satu indikator sebuah perangkat berhasil disusupi oleh pihak asing. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak meremehkan begitu saja pesan yang berisi karakter,  simbol,atau angka yang tiba-tiba muncul di smartphone kamu. Penyerangan melalui pesan spam semacam ini sering digunakan oleh pelaku kejahatan cyber untuk mencuri data pengguna. Bahkan jika sudah berhasil masuk ke perangkat korban. Para penyerang bisa saja mengirim pesan tanpa kamu ketahui kapanpun dan dimanapun.

Pesan Spam - Tanda Smartphone Disadap
Pesan Spam – Tanda Smartphone Disadap

Biasanya pesan yang dikirimkan itu terkadang juga digunakan untuk menyerang korban lain dengan cara mengambil data kontak dari korban pertama. Untuk itu selalu perhatikan pesan yang terkirim dari smartphone kamu dan lihatlah ada pesan yang dikirim tanpa persetujuan pengguna ato tidak.

Baca Juga : Tips Memilih Smartphone Tangguh

Demikian beberapa tanda-tanda smartphone disadap oleh orang lain,,

Kendati demikiam, Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah orang lain memasuki perangkat smartphone kamu. Salah satu cara yang sangat simpel yaitu selalu mendownload aplikasi dari toko aplikasi resmi dan terpercaya seperti Google Play Store /  Apple Store.  Sekedar informasi, perusahaan Apple dan Google sudah menggunakan sistem penyaringan yang cukup ketat guna memastikan aplikasi yang akan dipasarkan cukup aman untuk digunakan. Selain itu selalu perhatikan juga ketika membuka link atau pesan dari sumber tak jelas yang bisa mengakibatkan perangkat smartphone kita tidak bisa diakses, keamanan perangkat kita merupakan tanggung jawab kita sendiri 😀

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanda Tanda Smartphone Disadap dan Disusupi Oleh Orang Lain

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format