Sejarah Berdirinya Google Hingga Menjadi Raksasa Teknologi Dunia


Sejarah Berdirinya Google – Saat ini Google sudah begitu meraksasa, perusahaan yang memiliki aset miliaran dolar ini, sebenearnya dimulai dengan awal yang sederhana. Banyak sudah kisah nyata yang jarang dipublikasikan tentang berdirinya perusahaan Larry Page dan Sergey Brin itu.

Seperti disarikan dari Slate, Google lahir pada September 4, 1998, dua tahun setelah ide muncul di kepala Larry Page. Dia mengangkat dirinya sendiri menjadi CEO Google, sementara teman dekatnya, Sergey Brin, diangkat sebagai co pendiri Google atau disebut juga co founder dalam bahasa Inggris.

Status co founder biasanya dilupakan oleh sejarah. Sebut saja Facebook, orang akan jauh lebih akrab dengan Mark Zuckerberg dibandingkan beberapa pendiri lainnya. Tapi lain cerita dengan Sergey Brin.

Page dan Brin bertemu ketika keduanya kuliah di Stanford University. Brin mempunyai karakter terbuka dan bersemangat. Jadi bagi Google, Brin telah melengkapi Page yang lebih tertutup. Dia adalah orang yang menjalin hubungan antara Google dan perusahaan lain.

larry page sergey brin
Larry Page dan Sergey Brin

 

Seperti disebutkan di atas, Google mendapat ide awalnya berasal dari Page yang kemudian dibantu oleh Brin. Mereka berhasil memperoleh investor sebesar $ 1 juta dari teman dan keluarga yang yakin bahwa Google akan berhasil. Google pun kemudian didirikan, dan kantor awalnya ada di garasi.

Februari 1999 lama-lama startup ini berkembang pesat. Page juga memindahkan kantornya dari garasi ke kantor baru di Palo Alto, California. Tujuh bulan kemudian, mereka pindah kembali ke kantor Mountain View seiring berkembangnya bisnis Google.

Pada semester pertama tahun 1999, popularitas Google menanjak. Situasi ini membuat Google membutuhkan dana baru untuk berinvestasi di server dan sumber daya manusia. Yang Bahkan pada saat itu, Google belum meraih profit sama sekali.

Page dan Brin kemudian mulai mencari investor baru. Tapi page mempunyai syarat supaya dia dan Brin tetap mempertahankan mayoritas hak suara dan mempertahankan kontrol penuh atas Google. Investor setuju, tetapi mereka juga memiliki syarat bahwa page harus turun dari posisi CEO karena dia dianggap belum memiliki pengalaman.

Dengan berat hati, Page menyetujuinya dan investasi besar datang ke Google. Bahkan, Page memiliki sifat yang mengontrol. Sejak zaman kuliah, teman-temannya mengatakan bahwa dia paranoid dan terlalu mengontrol, dia harus memastikan semuanya dilakukan dengan baik dan benar.

Page juga sulit untuk bisa lepas dari posisi CEO, karena ia merasa mampu memimpin Google dengan brin yang membantunya. Tapi pada akhirnya page sadar kalau google memang butuh CEO yang berpengalaman dan status kelas dunia, agar bisa terus tumbuh. Mereka mulai mencari kandidat. Akhirnya, dipilihlah Eric Schmidt, mantan CEO Novell.

Schmidt dilantik sebagai Co pada Maret 2001 dan menjabat pada bulan Agustus. Rupanya itu adalah keputusan yang tepat. Schmidt berhasil memimpin Google ke perusaahaan yang jauh lebih besar dan akhirnya melantai di bursa saham pada bulan Agustus 2004. Jadilah Page dan Brin milarder. Sampai saat ini, mereka berdua masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Pada tahun 2011, Schmidt merasa cukup dalam memimpin Google. Larry Page juga sudah dianggap mumpuni untuk memmpin perusahaan dan akhirnya ia menjadi CEO kembali. Sementara Schmidt amenjadi Executive Chairman dan Bin dijadikan Presiden.

Pada tahun 2015, Page dan Brin memutuskan untuk mendirikan perusahaan induk Google bernama alphabet. Page menjadi CEO, Brin dan Schmidt berbaris menjadi ketua dewan / Executive Chairman.

Kisah Berdirinya Google - Sundar Pichai Yang Sukses jadi CEO Google
Sundar Pichai Yang Sukses jadi CEO Google

Google sendiri sekarang dipimpin oleh CEO keturunan India, Sundar Pichai.
Alphabet memonitor Google dan perusahaan lain seperti perusahaan mobil otonom Waymo.

Itulah Sejarah Berdirinya Google yang dapat saya sampaikan, Cukup luar biasa bukan perjuangannya?

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sejarah Berdirinya Google Hingga Menjadi Raksasa Teknologi Dunia

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format