29 Maret 2024
Waspada Serangan Ransomware Mobile Di Android 1

Waspada Serangan Ransomware Mobile Di Android 1

Waspada Serangan Ransomware Mobile – Setelah Ransomware WannaCry melakukan serangan terhadap komputer Windows, kini sejumlah hacker Cina telah menargetkan perangkat Android menggunakan malware, yang terinspirasi dari virus ransomware WannaCry.

Seperti dilansir dari Foss Bytes, hacker dari China membuat salinan WannaCry dan mengembangkannya menjadi ransomware Android yang disebut WannaLocker. Ransomware ini didistribusikan melalui forum game dan versi Android dari ransomware ini menyamar sebagai plugin untuk game di Android.

Popularitas WannaCry tampaknya telah mengilhami penjahat cyber untuk membuat ransomware yang sama dan menyebarkannya menggunakan media yang berbeda. Perusahaan keamanan anti-virus Avast sudah mendeteksi hal tersebut dan memberikan nama ransomware ini sebagai WannaLocker. Ransomware ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan Qihoo 360 di Cina.

Waspada Serangan Ransomware Mobile
Waspada Serangan Ransomware Mobile

WannaLocker menginfeksi file yang disimpan dalam memori eksternal dari perangkat yang terinfeksi. Seperti halnya virus WannaCry, WannaLocker juga meminta tebusan sejumlah uang agar file yang terkunci dapat terbuka. Jumlah tebusan yang diminta sekitar 40 renminbi atau sekitar 5-6 dolar. Mereka meminta pembayaran dalam bentuk pembayaran konvensional melalui pembayaran Alipay atau WeChat.

Baca Juga : Mengenal Ransomware – Si Penyandera Digital

Tampaknya sulit bagi penegak hukum di Cina untuk melacak dalang dari pembuat virus ini karena akses yang sulit bagi pihak berwenang di Cina ketika melawan perusahaan teknologi.

WannaLocker sendiri menggunakan enkripsi AES dan mengabaikan file yang memiliki awalan “.”Dan file lain yang memiliki”DCIM’,”miad”, “Download”,” Android” dan folder “com”. WannaLocker akan menambahkan ekstensi pada data -data yang dienkripsinya.

Bagaimana tips melindungi smartphone kita dari WannaLocker Android?

  1. Hindari men-download aplikasi atau plug-in dari sumber yang tidak diketahui.
  2. Pilihlah situs resmi untuk download dan berikan verikasi untuk mengontrol pengembang.
  3. Pastikan untuk membuat cadangan (backup) data pada smartphone secara teratur.
  4. Gunakan program perlindungan antivirus secara langsung.

Jika smartphone kamu terinfeksi, jangan sampai melakukan pembayaran, carilah bantuan kepada teman yang lebih profesional untuk mengatasi hal ini.

Sebagai solusi awal, Qihoo 360 telah memberikan “King of glory auxiliary” atau aplikasi untuk membuka file yang terkunci karena WannaLocker. Gunakan kode 0778 untuk mendownload-nya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
www.binance.com registrera dig

Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me? https://www.binance.com/sv/join?ref=S5H7X3LP

Registrera dig

Can you be more specific about the content of your article? After reading it, I still have some doubts. Hope you can help me. https://www.binance.info/join?ref=PORL8W0Z

creación de cuenta en Binance

Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you.

3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x