Alasan Kenapa Windows 64 bit Lebih Baik Dibandingkan Window 32 bit


Keunggulan Windows 64 Bit –  Sistem operasi adalah software yang memiliki peran sangat penting, salah satu fungsinya adalah sebagai antarmuka untuk operasi perangkat elektronik, seperti komputer atau laptop . Sekarang ini, sistem operasi komputer memiliki dua versi bit, yaitu, 32 bit dan 64 bit. dia antara dua versi, manakah versi yang terbaik untuk digunakan?

Dengan meningkatnya kecanggihan teknologi saat ini, bisa dibilang mungkin tidak ada alasan untuk menggunakan sistem operasi 32 bit karena versi ini sudah kurang sesuai dengan perkembangan saat ini, selain alasan tersebut, saya akan menyajikan beberapa alasan lain untuk lebih memilih OS 64 bit dibandingkan dengan 32 bit.

Alasan untuk memilih Windows 64 bit Dibandingkan dengan  32 bit

Perbedaan 32 bit dan 64bit

Bit adalah unit untuk data informasi komputer. Jumlah bit dipengaruhi oleh ukuran dari jenis prosesor yang dapat di proses dan juga ukuran register. sistem operasi 64 bit dapat menyimpan 264 komputasi yang dapat mengakses empat miliar kali lebih banyak dari 32 bit.

Bit Berpengaruh Pada Sistem Operasi

Selain dari segi hardware, komponen komputer juga harus memperhatikan dalam hal software, terutama sistem operasi. Pengaruh bit pada sistem operasi akan menjadi lebih jelas jika dalam bentuk komponen RAM. Pada sistem operasi dengan versi 32 bit didukung kapasitas RAM sangat terbatas hanya 4 GB. Itu berarti jika komputer kamu memiliki kapasitas lebih dari 4 GB RAM (seperti 8 GB atau bahkan 16 GB), maka RAM yang terbaca hanya akan dibaca dengan kapasitas 4 GB, sayang banget kah kalau sisanya terbuang.

Performa windows 64 bit
Performa Windows 64 bit

Sedangkan di versi 64 bit, komputer akan di dukung kapasitas RAM sangat besar hingga 192 GB. Oleh karena itu, dalam beberapa laptop / komputer dengan 4 GB mungkin kapasitas RAM, pasti akan selalu menggunakan sistem operasi 64 bit.

Selain pengaruh pada komponen RAM, Bit dari sistem operasi juga memiliki efek pada program atau software. Sebagai contohnya  sekarang, untuk menjalankan software editing berat seperti  Adobe After Effects Adobe dan Premiere Pro seri terbaru , kamu pasti perlu menggunakan sistem operasi 64 bit karena software ini tidak mendukung 32 bit.

Sistem operasi 32 bit atau 64 bit Mana yang harus Kita Gunakan?

Buat mahasiswa dan pekerja kantor yang menggunakan komputer hanya untuk mengetik dan browsing, saya sarankan tidak perlu menggunakan 64 bit, karena 32 bit cukup untuk rata-rata melakukan pekerjaan yang hanya perlu menggunakan komputer dengan 2 GB RAM.

windows 64 bit vs 32 bit
windows 64 bit vs 32 bit

Tapi buat teman teman yang suka design atau gamer yang sering menjalankan aplikasi atau game berat pada komputer, tentu saja, kapasitas RAM yang diperlukan juga lebih besar seperti 4 GB, 8 GB atau bahkan 16 GB, komputer dengan RAM lebih dari 4 GB diwajibkan menggunakan sistem operasi 64-bit karena jika tidak maka seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa komputer yang kamu gunakan hanya akan membaca sebanyak 4 GB RAM.

Untuk memaksimalkan kinerja  software dan hardware, saya sarankan untuk menggunakan RAM dengan kapasitas di atas 4 GB didukung dengan sistem operasi 64 bit. Mungkin dengan beberapa informasi di atas  dapat menjadi referensi kamu untuk memilih versi bit yang cocok untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Terima kasih. 🙂

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alasan Kenapa Windows 64 bit Lebih Baik Dibandingkan Window 32 bit

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format