Wajib Km Ketahui !! 8 Trik Menggunakan Grup Whatsapp


Grup WhatsApp pasti sering kita digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman satu kelompok. Saat ini, Karena semakin banyaknya pengguna, WhatsApp selalu mengembangkan fitur tersebut agar sesuai dengan keinginan kita.

Baru-baru ini, Grup WhatsApp menguji fitur barunya yang memungkinkan administrator grup membatasi chat atau membungkam anggota lainnya.

Grup Whatsaap
Grup Whatsaap

Selain fitur tersebut, ada fitur lain yang bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp. Apa saja itu, silahkan baca artikel berikut ini:

1. Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Sudah Membaca Pesan Kita
Terkadang dalam grup ada silent reader yang hanya bisa membaca tanpa menjawab pesan. Inilah yang kemudian membuat pengirim ragu dan bertanya: “Apakah pesan sudah dibaca oleh anggota grup?”

Agar tidak penasaran, kini kita bisa mengecek siapa saja yang telah membaca pesan yang dikirim lewat obrolan grup WhatsApp.

Caranya mudah, kita hanya perlu menyentuh dan menahan lama pesan yang terkirim. Kemudian klik pada menu info (tkamu huruf i) yang muncul di bagian atas tampilan WhatsApp. Fitur ini menunjukkan kapan dan siapa pesan kamu dibaca oleh anggota grup.

2. Hapus Pesan yang Salah Kamar

Menghapus pesan secara permanen tidak hanya bisa dilakukan dalam pesan individual. Pesan salah kamar yang dikirim dalam grup juga dapat dihapus secara permanen.

Caranya, kita hanya memilih pesan yang ingin kita hapus. Kemudian, beberapa pilihan akan muncul di bagian atas layar dan pilih tombol hapus.

Bila dipilih, opsi lain untuk penghapusan akan ditampilkan. Pilih opsi “Hapus untuk semua”. Pesan kamu akan lenyap dan tidak dapat dibaca oleh siapapun.

3. Memindah Grup Admin ke Member Lain

Beberapa anggota Grup WhatsApp memilih untuk tidak ikut serta. Tapi bagaimana jika kamu adalah grup admin yang ingin pergi? bahkan bisa jadi grup itu sendiri yang akan dihapus.

Sebenarnya, admin dapat menunjuk anggota lain dalam grup sebelum pergi. Caranya sangat mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan daftar anggota grup dan memilih anggota yang dikehendaki sebagai administrator dengan mengetuk namanya.

Lalu akan ada beberapa pilihan. Salah satunya adalah make group admin atau ‘make admin group’ option. Pilih opsi untuk membuat pengguna yang telah ditetapkan sebagai pengganti kamu. Dengan begitu kamu bisa meninggalkan grup dengan senang hati.

4. Hapus Grup Secara Permanen

Grup WhatsApp harus dihapus secara permanen dengan cara yang agak sulit. Grup tidak akan dihapus secara otomatis saat kamu menjadi administrator dari grup yang dibuat.

kamu harus terlebih dahulu mengeluarkan anggota grup satu per satu. Bila sudah habis, kamu bisa log out dan grup akan dihapus secara otomatis.

Tapi ingat, rule ini hanya berlaku jika kamu adalah grup admin.

Whatsapp

5. Matikan Notifikasi Grup WhatsApp
Pemberitahuan pesan masuk terus menerus membuat pengguna merasa terganggu. Apalagi klo kita memiliki banyak grup, jika ada pesan masuk, pasti hp kita tidak akan berhenti bunyi bukan?

Untuk menghindari hal ini, sebetulnya notifikasi suara dapat dimatikan dalam grup tertentu. Caranya, sentuh grup yang ingin kamu nonaktifkan notifikasi, lalu pilih pilihan gambar untuk speaker silang di bilah menu atas.

Kemudian akan muncul pilihan mematikan notifikasi. kamu dapat memilih untuk menonaktifkan notifikasi pada waktu yang berbeda, bisa delapan jam, satu minggu atau satu tahun.

Mematikan notifikasi juga akan menghentikan percakapan popup untuk grup yang dipilih. Jadi jika kamu ingin tahu apa yang sedang dibicarakan grup tersebut, kamu harus memeriksanya secara manual.

6. Menandai Pesan Penting dalam Grup
Sebuah pesan penting terkadang didistribusikan melalui grup WhatsApp. Tapi ada kalanya pesan itu ditenggelamkan oleh chat anggota lain.
Berdasarkan hal tersebut, pengguna bisa menyoroti pesan penting yang bisa dibaca nanti. Caranya, pilih pesan yang menurut kamu penting, lalu tekan dan tahan.
Gambar berbentuk bintang akan muncul di bagian atas menu WhatsApp. Pilih pengaturannya. Untuk mengecek ulang, kamu bisa membuka menu info grup di kanan atas.

Bila kamu menekan opsi ini, daftar pesan penting yang kamu masukkan akan muncul.

7. Cari Obrolan

Ini adalah waktu yang lama untuk mencari obrolan spesifik yang telah dibahas dalam sebuah grup. Untuk memperpendeknya, pengguna dapat menggunakan fitur “pencarian” atau “search” dalam grup.

Caranya, pilih opsi di kanan atas (tiga titik menu) dan klik pilihan Search atau Cari. Masukkan kata kunci untuk pesan yang ingin kamu baca dan tekan panah atas / bawah di sebelah tab pencarian.

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu membaca dan menggulir pesan satu per satu. Hanya dengan mengetik kata kunci, pesan yang ingin kamu baca dengan mudah dapat ditemukan. Hemat waktu bukan?

8. Mengubah Gambar Profil WhatsApp Tanpa Menjadi Admin

Terkadang di grup WhatssApp, Admin malas menambahkan gambar. Entah dilihat merepotkan atau belum memiliki gambaran yang benar.

Tapi ketahuilah bahwa pengguna WhatsApp bisa membantu admin mengganti dan mengunggah gambar / ikon dalam grup tanpa harus menjadi admini?

hal ini sangat mudah, kita cukup masuk grup dan tekan topik / nama grup. Sentuh ikon gambar dan pilih setelan pensil.

Kemudian ada pilihan pengambilan gambar, baik dari galeri maupun gambar dengan kamera, muncul. Pilih gambar yang sesuai dan simpan. Jika kamu melakukannya dengan benar, Foto Grup WhatsApp kamu akan mendapatkan ikon baru.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wajib Km Ketahui !! 8 Trik Menggunakan Grup Whatsapp

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format