Hadirnya “WhatsApp Payment” Layanan Transfer Uang Antar Pengguna


WhatsApp kini telah menyediakan fitur pembayaran digital dalam layanan pesan singkatnya.  Fitur yang bertajuk ” WhatsApp Payment” ini beberapa waktu yang lalu telah diuji di India untuk pengguna yang berpartisipasi dalam program beta.

Rumor tentang adanya alat  Pembayaran via WhatsApp telah menyebar sejak Januari lalu. Sesuai dengan informasi tersebut,  WhatsApp dikatakan akan merilis fitur pembayaran digital pada bulan Februari ini.

Adapun Mekanisme Pembayaran WhatsApp menggunakan sistem Unified Payment Interface (UPI).  Antarmuka pembayaran memfasilitasi transaksi antar lintas bank di India, beberapa di antaranya adalah Bank Negara Bagian India, Axis Bank, ICICI Bank, dan HDFC Bank.

Unified Payment Interface (UPI)
Unified Payment Interface (UPI)

Izin penggunaan UPI WhatsApp diperoleh dari pemerintah India sejak Juli tahun 2017.  Proses pengembangannya sekitar setengah tahun akhirnya telah membuahkan hasil.  Penggunaan dari Pembayaran WhatsApp Untuk saat ini, terbatas pada transaksi uang antar pengguna / peer to peer. sehinggi Pengguna masih belum dapat melakukan transaksi ke pihak ketiga.

Jadi bagaimana cara melakukan transaksi dengan WhatsApp Payments? Pertama, dua pengguna yang ingin bertransaksi harus mengikuti program beta dan menginstal versi terbaru dari WhatsApp untuk iOS atau Android.

Untuk mengirim uang, pengguna cukup mengklik ikon attachment, yang juga diklik saat kita ingin mengirim kontak, lokasi, media, dll.

Pilih kontak yang ingin kita kirimi uang,  pilih rekening bank dan penerima, masukkan jumlah uangnya, masukkan pin UPI dan uang yang akan dikirim secara virtual.

Hadirnya "WhatsApp Payment" Layanan Transfer Uang Antar Pengguna
Layanan Transfer Uang Antar Pengguna

Pada transaksi pertama, pengguna diminta mengkonfirmasi nomor ponselnya. Pastikan nomor ponsel benar untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor ponsel yang terkait dengan rekening bank pengguna melalui UPI. Jika kita tidak memiliki akun UPI, Pembayaran WhatsApp memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru.

Semua transaksi  akan dicatat dalam WhatsApp Payment – di bagian History. Karena masih dalam bentuk beta, fitur ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk berbagai fitur saat di resmikan nanti di depan umum.

Di India, WhatsApp Payments sudah mendukung transaksi di lebih dari 70 bank. Tidak jelas kapan pembayaran WhatsApp akan tersedia di negara lain, termasuk di Indonesia. Mari kita tunggu saja…

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hadirnya “WhatsApp Payment” Layanan Transfer Uang Antar Pengguna

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format