Hilangnya 12 Kemampuan Kita Karena Dampak Teknologi


Dampak Teknologi yang Semakin Canggih – Tujuan utama Teknologi diciptakan adalah untuk memudahkan aktivitas hidup manusia.
Namun dengan dipermudahnya seseorang dengan teknologi, ternyata ada efek samping yang berbahaya bagi penggunanya. Yang paling serius adalah mampu menghapus kemampuan tertentu dari pengguna. Apa saja ketidakmampuan tersebut ? Berikut adalah 12 daftar kemampuan kita yang akan hilang sebagai dampak dari suatu teknologi yang semakin canggih.

Dampak Teknologi
Dampak Teknologi

Berkurangnya Kemampuan kita karena Teknologi

1. Menghitung

kalkulator
Kalkulator Smartphone

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi Kalkulator yang dapat diunduh gratis dan mudah. Kalkulator akan memudahkan kita untuk melakukan perhitungan, baik perhitungan sederhana ataupun kompleks.

Sejak munculnya kalkulator, banyak orang mulai percaya kalkulator sebagai alat hitung paling praktis. karena hal ini kemampuan untuk menghitung seseorang perlahan-lahan akan hilang dan diganti dengan kalkulator.

2. Berkomunikasi dengan Sesama

Berkomunikasi dengan sesama tentu saja hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tapi karena munculnya teknologi seperti smartphone, laptop dan lainnya, berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain sangat- sangat jarang terjadi.

Berkomunikasi Lewat Sosial Media
Berkomunikasi Lewat Sosial Media

Baca Juga : Tren Sosial Media Di Masa Depan

Kebanyakan dari mereka berfokus pada smartphone-nya, dan tidak berusaha mencoba untuk berbicara dengan sesama.  Jika hal ini  terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin, kemampuan kita untuk berbicara  terutama kepada orang-orang baru akan bisa menyusut tajam.

3. Bertemu dengan Teman-teman

Video Call
Video Call

Masih sama seperti poin sebelumnya. Kesempatan untuk bertemu orang lain hampir menghilang karena sudah adanya fasilitas panggilan video/ aplikasi video call yang dapat digunakan pada PC serta smartphone.

4. Memeriksa Fakta Sebenarnya

Mengecek Fakta
Mengecek Fakta

Pada masa dahulu sebelum munculnya Internet, seseorang selalu menggunakan buku referensi atau pergi ke perpustakaan untuk mencari  fakta-fakta atau informasi yang ingin mereka temukan kebenarannya.

Namun saat ini, orang dapat dengan mudah memverifikasi fakta cukup di Wikipedia. Bahkan, meskipun sumber informasi di Wikipedia belum tentu benar semua. Mereka akan tetap percaya sepenuhnya.

5. Kemampuan Navigasi

Google Maps
Google Maps

Sebelum adanya Maps Online, orang pasti selalu membaca peta navigasi, untuk menentukan arah yang ingin kita ketahui, mengingat tempat dan lain sebagainya.

Tapi sekarang kita telah dipermudah dengan adanya Maps atau peta online. Cukup dengan bantuan Google Maps, kamu tidak perlu lagi mengalami masalah untuk menentukan ke arah mana kamu ingin pergi ke berbagai tempat.

Baca Juga : Sejarah Berdirinya Google Sampai Menjadi Perusahaan Teknologi Dunia

Bahkan, di Aplikasi Google Maps sudah disediakan rute terbaik dan tercepat untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan cara ini, dari waktu ke waktu kemampuan manusia untuk membaca navigasi akan menghilang.

6. Kemampuan Menulis

menulis dan membaca
Menulis dan Membaca

Kemampuan Menulis semakin langka sejak munculnya komputer, laptop dan smartphone. Kebanyakan dari kita pasri lebih suka mengetik daripada menulis.

Jika hal ini semakin banyak dilakukan, bukan tidak mungkin bahwa orang akan kehilangan kemampuan untuk menulis secara manual.

7. Kemampuan Mengeja

Grammar Check
Grammar Check

Mengeja kata atau frase juga merupakan salah satu kemampuan manusia hilang karena teknologi canggih. Hal ini dikarenakan smartphone sekarang sudah memiliki sistem AutoCorrect yang dapat memperbaiki tulisan kita secara otomatis jika ada kesalahan ketik. Dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir jika ejaan yang salah.

8. Berjalan

Jogging and Walking
Jogging and Walking

Kegiatan Berjalan kaki sudah jarang dilakukan oleh orang-orang modern saat ini, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar. Sebagian besar dari mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk sampai ke tempat tertentu.

Dengan penggunaan moda transportasi secara terus menerus terutama pada masa sekarang ini yang sudah ada layanan transportasi online, seseorang dapat mengalami penimbunan lemak karena kurangnya berjalan dan olahraga sehingga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

9. Membuat Api

Membuat Api
Membuat Api

Kemampuan seseorang untuk membuat api dengan bantuan kayu, baja, atau cara primitif lain sudah jarang digunakan hari ini.

Hal ini dikarenakan sudah banyak cara modern untuk menyalakan api, mulai dari menggunakan korek api, pemantik ataupun kompor listrik.

10. Mengingat Nomor Telepon

Contact Telephone
Contact Telephone Smartphone

Kemampuan Mengingat nomor telepon juga menjadi salah satu kemampuan manusia yang semakin hilang. Padahal, cukup dengan mengingat setidaknya tiga nomor telepon teman/ keluarga bisa menyelamatkan kamu dari keadaan darurat yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

11. Mengetahui Kiblat

Aplikasi Pencari Arah Kiblat
Aplikasi Pencari Arah Kiblat

Pada zaman dahulu, orang memiliki cara khusus untuk mengetahui arah kiblat di suatu tempat. Dengan meningkatnya kecanggihan teknologi sekarang ini, ada berbagai aplikasi indikator arah kiblat yang bisa langsung digunakan untuk menentukan arah kiblat secara akurat dan cepat.

Melalui aplikasi ini, tentu saja, orang tidak perlu repot repot membaca pergerakan bintang atau matahari untuk mencari tahu di mana arah kiblat dan akhirnya kemampuan ini akan hilang dengan sendirinya.

12. Kemampuan Meninggalkan Teknologi

Ini adalah sesuatu yang sangat penting dan banyak orang mulai kehilangan kemampuan yang satu ini. Meninggalkan teknologi bisa saja membuat kamu merasa lebih bebas dari sebelumnya.

 Disconnect and Enjoy

Tapi sekarang orang sangat sulit untuk meninggalkan teknologi. Video di atas akan memberitahu kamu tentang banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menonaktifkan teknologi.

Itulah  beberapa dampak teknologi yang bisa saya sampaikan, Jika teman-teman ada tambahan, silahkan post di komentar 🙂

Quote Hari Ini : Gunakan Teknologi Dengan Bijaksana, Tanpa harus mengorbankan hidup kita

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hilangnya 12 Kemampuan Kita Karena Dampak Teknologi

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format